December 10, 2010

Exam is Finally Over!

UOOOOOOHAHAHAHA YEYEYEY ULALA *joged-joged*

Akhirnya pekan Ujian Akhir Semester yang sesat itu selesai jugaaa! Senang rasanya hati ini setelah kurang lebih dua minggu harus pacaran sama buku pelajaran terus sampe tengah malem! Now it's finally over, I'm as free as bird~

Kali ini gue mau cerita tentang suka dukanya menjalani UAS pertama di bangku SMA. Gimana ceritanya? Apa aja suka dukanya? Mulai dari mumet ngerjain soal, atau pengawas yang rese, atau cerita konyol tentang urusan nyontek.. Loh kok malah kayak jadi pengakuan dosa. Well.. Ini dia.


Rabu, 1 Desember 2010
Mata Ujian : Fisika, Pendidikan Agama

Fisika gue suram.



Waktu pertama kali masuk ke ruang ujian, gue harap-harap cemas. Dimana gue kebagian duduk? Apa gue kebagian duduk di bangku paling depan deket meja guru? Atau duduk di tengah-tengah? Atau mojok di bangku paling belakang? Dimana? DIMANA?

Ternyata, gue duduk di barisan paling ujung, jauh dari meja guru. Kedua dari belakang.

UOH.


Duduk di barisan ujung kedua dari belakang itu belum apa-apa, karena masih ada temen gue lainnya yang mendapatkan posisi 'kemenangan sempurna' alias kebagian duduk di bangku pojok paling belakang.

Salah satu dari dua temen gue yang beruntung itu adalah Widianto.

Begitu dia tau kebagian duduk mojok, bola matanya langsung melebar dan berbinar, lalu sembari menunjuk-nunjuk mejanya dengan brutal ia berteriak tak percaya 'EH. LIAT INI. MUKJIZAT.'


Tapi posisi gue duduk itu ternyata sangat tidak strategis apabila dihadapkan pada urusan contek-mencontek. Hal ini baru gue sadari saat tengah mengerjakan soal ujian. Ruang ujian gue itu luas banget, dan satu anak kebagian satu bangku. Alhasil kelasnya jadi lowong. Dan pengawasnya itu suka duduk serong kanan ke arah gue.

Kenyataannya, gue lah yang mati kutu.




Kamis, 2 Desember 2010
Mata ujian : Kimia, Sejarah

Gue lupa soal ujian sejarahnya kayak apa. Yang pasti, essay kimia gue suram.

Ih ya ampun yaaaaa.. Mau gue ngerti materinya segimanapun juga, kalo nggak hafal senyawa anion-kation ya nggak bakal bisa ngapa-ngapain!! TERKUTUKLAH SOAL 4 ESSAY. Begitu disuruh nulis nama senyawa BaSO4, I had no idea how to answer it.

SO4 ITU SULFAT APA SULFIT?

DANG IT.


Jum'at, 3 Desember 2010
Mata Ujian : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris

Lancar.


Senin, 6 Desember 2010
Mata Ujian : Biologi, TIK

TIK nya nista abis.

Selesai ujian biologi, sesuai jadwal gue dan temen-temen sekelas pada istirahat. Karena anak-anak satu kelas dipisah ke dua ruang ujian - absen 1-21 di ruang X dan absen 22-42 di ruang Y - tiap istirahat kita semua pasti bakal ngumpul bareng. Dan dibanding belajar kita lebih suka ketawa-ketiwi ngebanyol yang nggak penting.

Kegiatan favorit gue sama temen-temen adalah saling bertukar cerita antar ruang ujian. Asyiknya, temen-temen gue yang ujian di ruang X selalu punya segudang cerita menarik. Suasana ruang ujian mereka beda banget sama ruang Y yang luas dan sepi. Ruangan mereka sempit dan padat. Jadi.. You know what laaah. HAHAHA.


Anak ruangan X = X. Anak ruangan Y = Y.
Y : Biologi gimana?
X : Susah lah edan essaynya. Tapi bisa deng hahaha
Y : Pengawasnya siapa?
X : Pak *piip* (nama disamarkan) GAMPANG LAH SUMPAH. Main leptop wae
Y : Oh iya? Ih enak laaaah kita pada mati kutu!


Anak-anak yang mendiami ruang X ini emang pada sedeng dan solid gila. KS nya itu loh, mantep nian lah. Selain karena anak-anaknya pada loyal buat urusan contek-menyontek, mereka pun kreatif sekali. Mulai dari teknik ask straightforward sampe acara tuker soal juga jadi. Kaga ketauan lagi. Sarap.

Yang paling gue suka adalah teknik 'lempar kertas' ala temen gue, sebut aja A. Jadi si A ini pengen tukeran soal sama temennya yang duduk di bangku belakang, tapi karena pengawasnya agak strict, dia jadi kagok. Dan begonya dia malah nuker soal tersebut dengan cara NGELEMPAR kertas soalnya ke udara lalu sok innocent nyahut 'Eh kertas saya terbang!'

Gue yang nggak percaya sekaligus nggak habis pikir bagaimana hal tersebut dapat terjadi cuma bisa mangap.




Lalu temen gue B. Dia nanya jawaban soal nomor sekian ke temennya yang duduk di bangku sebelah. Mungkin karena kesal nggak diwaro, dia sampe bilang 'Sok kalo kamu jawab saya bakal nyanyi!' Setelah dikasih tau jawabannya, dia BENERAN NYANYI saat itu juga. Pake lagu lawas gitu dengan suara dipendem-pendem supaya kaga ketahuan pengawas HAHAHA GILA.

Temen gue C dan D sih beda lagi. Jadi ceritanya si C ini bawa tissue satu pak yang ditaro di atas meja. Alibinya sih pilek. Terus D minta satu lembar. Eh nggak taunya si D ini NGEMBALIIN TISSUE YANG UDAH DIA MINTA KE C. Otomatis C bingung lah. Masa tissuenya dikembaliin, kalo di dalemnya ada ingus gimana.

Nggak taunya.. Di lembar tissue itu ada deretan nomor yang mau ditanyain si D.

HAHAHAHA.


C yang mengerti maksud D pun buru-buru menuliskan kunci jawabannya di tissue tersebut. D pun kembali minta tissue selembar, maksudnya minta tissuenya balik. Eh nggak taunya si C SALAH NGASIH TISSUE, dia malah ngambil tissue baru.




Back to topic, gue udah merasa agak lega pas istirahat siang hari itu. Soalnya anak-anak ruangan X bilang pengawas mereka pas ujian biologi tadi baek. Ruangan gue bakal diawas sama pengawas yang baek itu pas ujian TIK nanti. Moga-moga ini guru beneran baik.


Iye. Gurunya baik.

TAPI SOAL UJIANNYA KAGA BAIK.

Ajegileeeeeeeeeeeeeeeeeee soal TIK nyaaaaaaaaaaaaaa susah nggak ketulungan! Modar gila lah! Masalahnya gue lupa gimana cara ngerubah bilangan heksadesimal ke bilangan biner! Ah gila lah. Pas ngeliat soalnya yang essay semua juga udah pasrah aja.


Oh iya, gue inget sama soal TIK yang terakhir. Kurang lebih begini bunyinya.

Ada sembilan buah koin. Delapan diantaranya memiliki berat masing-masing 10 gram, dan sisa satunya memiliki berat 10,1 gram. Anda hanya diberi kesempatan untuk menimbang dua kali saja. Bagaimana cara untuk menemukan satu koin 10,1 gram diantara delapan lainnya itu?


INI SOAL APAAN?



Waktu itu gue bener-bener kaga mudeng deh. Soal bilangan sama logika belum dikerjain, yang ada makin pusing aja pas baca soal terakhir itu. Cuma dikasih dua kesempatan buat menimbang? GIMANA CARA NEMUIN KOINNYA?


Ini adalah jawaban yang akhirnya gue tulis dengan penuh pertimbangan.

1. Siapkan timbangan
2. Susun kesembilan koin tersebut secara horizontal
3. Bagi koinnya jadi dua kelompok
4. Timbang koin kelompok A
5. Timbang koin kelompok B
6. Kalau beratnya kelompok koinnya memiliki digit 0,1 gram, maka koin 10,1 gram nya ada di kelompok tersebut
7. Cari koinnya

Temen gue Kintan menjawab soal tersebut dengan satu kata yang singkat, padat, dan jelas.

Menerka.

Selesai.

Dodol bangetlah gue. Jawaban gue juga ujung-ujungnya kudu menerka.


Terus ada juga yang jawab kayak gini. 'Ambil aja semua koinnya'. Toh koin yang 10,1 gram itu kan ada di koin-koin yang diambil itu. Jadi udah ketemu kan? Begitu denger jawaban kayak gitu, gue makin-makin aja ngerasa bego.




Bubaran sekolah, seperti biasa gue, Kintan, Adam, sama Stella pulang bareng naik angkot. Ada satu lagi temen gue yang kebetulan juga satu angkot. Putri namanya. Di angkot itu kita pada jejerowokan ngomongin ujian sama kisah contek-menyontek nan konyol yang terjadi saat ujian TIK tadi.

Gue : Masih nggak percaya lah itu yang ngelempar soal gimana
Kintan : Iya emang sedeng itu si A
Adam : TIK tadi susah banget ya
Stella : Teuing ah (duluan ngambek)
Kintan : Terus tadi si E parah bangetlaaah. Pas aku tanya 'TIK gimana?' dia jawab 'Gampang.' Terus kan aku komen 'Wes edanlah.' eh dia bales 'Gampang Pak *piip* (pengawas) nya'
Gue, Adam, Stella : HAHAHAHA


Anehnya Putri malah diem aja. Yah walaupun emang ngobrolnya nggak brutal, tapi nggak biasanya dia kayak gitu. Biasanya sih masih ikutan nimbrung barang nyeletuk dikit. Tapi waktu itu doi diem aja. Sampe Stella turun duluan dari angkot juga dia tetep diem.

Gue : Ah gatau lah TIK pasti remed
Kintan : Itu juga B nyanyi pas ujian, sedeng emang!!
? : Tadi ujiannya susah?


Gue, Kintan, Adam, dan Putri refleks menoleh ke sumber suara.

Ada ibu-ibu. Bawa tas kerja sama map isi kertas-kertas gitu.

Gue dan kawan-kawan langsung nge-freeze.




Putri : TIK, Bu
? : Susah ya?
Gue : ... Iya, Bu
Kintan : Iya
Adam : Iya


Mampus.

Ada guru.


Rabu, 8 Desember 2010
Mata Ujian : Ekonomi, Penjaskes, TOEIC

Listeningnya kayak kumur-kumur.


Kamis, 9 Desember 2010
Mata Ujian : Matematika, Geografi, PKn

Jadwal ujian paling sadis sepanjang sepuluh tahun saya sekolah.

Untungnya sih Geografi sama PKn gue lancar. Tapi matematikanya fail abissss HAHAHAHA. Dari lima soal essay, dua soal nggak keisi karena nggak tau harus jawab kayak gimana. Satu soal keisi dengan sukses, sedangkan dua sisanya ragu-ragu. Dan setengah jam sebelum waktu ujian selesai, gue baru ngerjain 1/3 bagian soalnya.

Gue nembak jawaban sampe sepuluh soal lebih.

Ditambah lagi tangan gue pegel banget pas ngebuletin LJK. Pasalnya, gue pake pensil yang bahkan sama panjangnya dengan jari kelingking gue. Alhasil ngebuletin LJK nya juga jadi capek dan nggak nyaman. Pokoknya ujian matematika kemaren itu worst bangetlah.

Pensil seukuran kelingking (sekarang malah udah lebih pendek lagi)
Menang minjem


Jum'at, 10 Desember 2010
Mata Ujian : Bahasa Jerman, Sosiologi

Yak, tanggal yang sama dengan tanggal postingan gue ini. Hari terakhir ujian ulalaaa~ Jadwalnya jadi pagi-pagi, satu ruangan sama kakak kelas XI. Gue pasrah aja sama nomor 41 essay Bahasa Jerman. Sisanya lancar nian.


Ujian Akhir Semester Ganjil selesaaaaaai! HIDUP LADY GAGA!! Moga-moga hasilnya nggak sesuram masa ujian. AMIN YA ALLAH.

Gue udah cerita tentang pekan ujian gue yang hancur. Kalian gimana, guys?

9 comments

kohaku said...

LOL, BaSO4 itu Barium Sulfat neng, sulfit itu SO3, wakakakakakaka...
Sumpah cara2 nyonteknya kreatif abis, sekali2nya gue baca post blog ngakak sampe rahang pegel dan air mata ngocor semua kayak keran,wakakakakakakakaka...
Beruntung lah kamu, Na, punya temen2 yang bisa bikin kamu ketawa. Pahalanya banyak meskipun caranya nista, wakakakakaka....
*ngakak tak terkendali*

Anonymous said...

wakakakakakak makasih mi udah baca post ini, sampe ngakak pula =))

iya emang sedeng temen2ku itu mam. melakukan hal nista tanpa merasa dosa (padahal sendirinya juga nengok kanan kiri depan belakang)

Unknown said...

ngakak sumpah , itu bneran yang nyanyi di kelas ? terus yang lempar soal ? sarap edan gilaaaaa , hahahaha XD

kasian dirimu nak, mau pensil ? hahaha , nyiksa tangan , wkwkwk ..
kalian di ruang kelas brp ujiannya ?

kelas 3 mah udah berkurang taktik nyonteknya, udah mau tobat XDDD , diancem doa amit amit sama guru , haha

fransiskald said...

haha, gokil banget kak. :D
semoga hasilnya gak suram ya kak :)

Anonymous said...

@teh izzah : iya emang pada sedeng itu anak-anak. beneran nyanyi lah teh ditengah-tengah ujian, nyanyi lagu ST12 kalo nggak salah LOL di ruang 13 - 14 teh

saya mau beli pensil tapi nggak nemu wae di koperasi / minimarket. sekolah kita padahal deket toko grosiran alat tulis tapi ga ada yang jual pensil. cacat sekali

@fransiska : emg gila temen2 saya tuh wakakakakaa~ amiiin, makasih doanya sis. blogmu udh aku follow balik yaa ;)

basTchet said...

hola2 Ann, saya suka deh baca post kamu XD asli gokil XD

temen2 kamu teh gokil semua emang itu XD jaman sekarang emang pada kreatif ya nyonteknya, ckckck (sok2an wise)

btw, kalo yg soal untuk nentuin mana koin 10.1 gram itu, menurut saya caranya udah hampir bener kok XD cuman kalo udah nimbang yg kelompok A, kelompok B gak usah ditimbang aja~ toh udah tahu ini kan posisi koin 10.1 gram dimana XD kalo misalnya koin 10.1 gram di kelompok A, si kelompok A-nya dibagi lagi biar makin kecil jumlah anggotanya dan ditimbang lagi salah satu kelompok baru itu (anggap kelompok C) buat tahu posisi 10.1 gram-nya. Dengan kaya gitu, probabilitas kamu nebak si 10.1 gram dimana kalo gak 1/2 ya 1/3 (soalnya kelompok terakhir pasti kalo g terdiri dr 2 koin ya 3 koin) XD

tapi mantaplah, ngakak abis saya. lol

Anonymous said...

waaa ka bas mampir ke blogku juga, senangnyaaa! huehehe syukurlah kalau ngakak mah, makasih ya kak XD

zaman skrg nyonteknya emang harus kreatif. dan pada sesama teman juga harus kooperatif. harus solid *plak*

ah gatau lah kak itu jawabannya gimana. soalnya simpel tapi bikin mumet lol

Crystalesian said...

Abis baca soal yang koin2 itu jadi tertantang, setelah mencoba berpikir akhirnya ketemu jawabannya

soal yg koin itu caranya gampang:
bagi 3 kelompok:
- A (3 koin)
- B (3 koin)
- C (2 koin)

timbang A & B

kemungkinan pertama:
A & B seimbang, brarti koin 10,1 ada di C donk, trus timbang aja C trus lihat mana yg lebih berat
(2x jalan: timbang A&B, timbang C)

kemungkinan kedua:
salah satu lebih berat(A atau B), misalkan A. koinnya A kita namakan x,y,z. timbang aja x & y lihat siapa yg lebih berat brarti koin 10,1 , andaikata seimbang berarti z lah koin 10,1-nya
(2x jalan: timbang A&B, timbang A)

Crystalesian said...

eh salah ding..

dibagi 3 kelompok:
A (3 koin)
B (3 koin)
C (3 koin)

dikemungkinan pertama pas nimbang C pake cara yg sama ketika menimbang A di kemungkinan kedua

cheers

© La Valse des Mots
Maira Gall