March 9, 2012

Best Birthday Ever

GUE UDAH 17 TAUNNNNNN HAHAHAHA. Pokoknya kalo KTP gue udah jadi nanti bakal gue pamerin disini HAHAHAHA. Oke gue tau gue norak. Pokoknya untuk urusan KTP dan SIM entah kenapa gue excited banget. Gue udah ngeliat banyak kegagagalan temen-temen gue dalam hal foto KTP, jadi gue penasaran apa gue bakalan ikutan gagal atau berhasil.

Alhamdulillah minggu kemaren, tepatnya Minggu tanggal 4 Maret, gue ulang taun yang ke 17. Nggak kerasa udah umur segini lagi. Yang ada tambah tua. Perasaan baru kemaren tiap sore gue nyirem taneman lalu nyetop gerobak es krim Walls yang lewat buat beli Paddle Pop Mini seharga 1000 perak--kegiatan yang udah nggak gue lakukan lagi di masa sekarang.

Ulang taun ke 17 ini asyik banget. Sumpahnya bray. Tanggal 3 Maretnya gue ke Jakarta buat nonton Java Jazz, dan tanggal 4 Maretnya gue dapet suprise masing-masing dari keluarga, anak IPS 2 dan solmet-solmet SMP. Banyak juga yang ngucapin lewat social network dan sms. Seneng banget deh.




Sabtu 3 Maret sepulang les, gue ngemil bentaran di Ngopdul lalu langsung cau ke sekolah buat ngumpul sama temen-temen yang mau berangkat bareng ke Jakarta. Yap, kemaren gue jadi juga nonton Java Jazz Festival 2012. Semua ini berawal dari twit nya Om Addie MS yang bilang kalo Twilite Orchestra bakalan manggung di festival gaul satu itu tanggal 4 Maret. Tadinya gue mau dateng tanggal 4 buat ngejar Twilite, tapi akhirnya jadi tanggal 3. Soalnya ada Dave Koz dan ada temen yang mau kesana juga.

Tersebutlah pasangan pemusik kece Athfy dan Nadia yang dengan nggak tau malunya gue intilin. Ada juga satu temennya Nadia, Intan. Kita berempat pun dengan mantap pergi ke Jakarta dengan hati riang gembira. Sampe di Kemayoran pas maghrib. Sampe di dalem gedungnya gue kalap.


Pertama-tama, kita berempat nonton Juiliard Jazz Quartet. Yang manggung hari itu cuma bertiga. Ada Ron Carter (bass), Frank Kimbrough (piano) dan Carl Allen (drum). Itu jazz nya ngena banget dah. Tempat manggungnya ada di lantai enam. Lucu juga harus naik dulu dari lantai paling bawah sampe lantai paling atas. Tapi ruangannya emang bagus dan penontonnya duduk. Jadinya damai tentram.

Ini ada sedikit dokumentasi.


Ron Carter solo, playing You are My Sunshine

Ada dua hal yang gue syukuri waktu itu. Pertama, gue duduknya termasuk di jejeran depan. Kedua, kamera hape gue sangat bagus dengan resolusi serta ketajaman foto yang tinggi. Yang gue sesali adalah, itu kamera hape nggak bisa dipake ngezoom.


Habis nonton Juiliard Jazz Quartet, gue sama temen-temen nggak sempet makan dan akhirnya langsung masuk ke BNI Hall A2 buat nonton Dave Koz. Disini rada keder. Kita masuk kesana 15 menit lebih awal dari jadwal dan nemu sebuah band lagi manggung. Begitu gue cek ke proyektor, namanya Mamas Gun. Begitu Nadia cek di jadwal, Mamas Gun itu manggungnya di BNI Hall A3, bukan BNI Hall A2 dimana Dave Koz bakal manggung.

Jadi ini gimana.



Semua yakin banget tadi masuknya di gate A2. Gue cek lagi juga emang di A2. Untung aja Athfy rada pinter dikit. Matanya jeli ngeliat satu panggung lagi persis di sebelah A3 yang gelap dan ketutup tirai item. Kita berempat langsung kesana. Banyak orang udah standby di depan panggung itu, sebagian duduk dan sebagian berdiri. Pas banget kita dateng, pas yang pada duduk langsung berdiri semua--berbondong-bondong pada langsung lari-lari ngedeketin panggung. Kita berempat yang panik akhirnya ikut-ikutan aja.


Nadia : Ini beneran disini nggak sih?
Athfy : Nya logika weh, mun eta A3 ya pasti ini A2
Gue : Iya sih. Tapi ga lucu aja kalo misalnya kita udah nunggu nggak taunya yang muncul bukan Dave Koz


Setelah menunggu hampir setengah jam lebih sambil nontonin Mamas Gun di panggung sebelah, akhirnya tirai panggung di depan gue kebuka dan muncul MC basa basi busuk. Eh ngomong-ngomong drummernya Mamas Gun cakep gila. Gue sempet foto mereka tapi sayangnya itu drummer ganteng nggak ikut kefoto. Kecewa.


Mamas Gun playing Psycho

Akhirnya Dave Koz muncul deh AAA!! Nadia yang ngefans banget sama Dave Koz keliatan antusias banget. Dave Koz maju ke depan panggung sambil ngebawain lagu Keliru. Udah gitu dia ngomong bentaran dan main lagi. Jujur gemes juga kebagian nontonnya rada ke belakang, soalnya semua penonton berdiri dan desek-desekan. Untung aja tadi langsung ke A2 dan nggak makan dulu. Coba kalo makan dulu. Yang ada nonton dari paling belakang. Dave Koz nya bakal keliatan kecil banget kayak kuaci.


Dave Koz performing Keliru

Habis itu Dave Koz main Together Again. Habis itu Top Down, Anything's Possible, Silverlining--ini asyik bangetttt--, terus Dave bilang berikutnya dia bakal bawain lagu mellow yang romantis, hasil kolaborasi doi sama temen baiknya. Terus Phil Perry muncul di panggung AAA!!! Kebetulan malem itu gue emang nggak sempet nonton Phil Perry, jadi beruntung banget Dave Koz ngebawa Phil Perry nya ke panggung dia.

Dave Koz sama Phil Perry ngebawain lagu Tender is the Night. Udah gitu Dave Koz cerita tentang video sebuah musisi jalanan asal Bandung yang diunduh ke internet. Di video itu musisi jalanannya ngebawain lagu Dave Koz, You Make Me Smile. Dave suka banget sama musisi-musisi jalanan itu dan akhirnya mereka dibawa ke panggung Java Jazz buat main sama Dave Koz! Kampretttt asyik banget itu.


Dave Koz ft 57Kustik performing You Make me Smile


Untuk kesekian kalinya, gue mengutuk kamera hape gue yang nggak bisa dipake ngezoom.

Oh iya. Btw gue agak lupa juga urutan lagu-lagu yang dimainin sama Dave Koz kemaren itu. Kalo sekiranya ada pembaca yang mau koreksi silakan ya, ntar gue edit deh biar nggak sesat.


Bahasa Indonesia nya Dave Koz termasuk oke. Doi tau beberapa ungkapan sehari-hari dan bahasa gaul yang lagi in sekarang. Doi malah sampe tau Tompi, Ayu Ting Ting sama Briptu Norman. Gaul banget nggak sih. Dave bilang dia suka sama namanya Ayu Ting Ting. Kalo nggak salah dia bilang namanya lucu gitu. Terus doi juga jago ngelawak! Celetukannya Dave Koz itu lucu-lucu dan bikin ketawa. Sempet pas dia lagi ngobrol sama audience, ada satu suara dentuman gitu, kayaknya dari peralatan panggung yang nggak sengaja jatoh atau apa. Terus dia diem dan bilang "Briptu, is that you?" HAHAHAHA.


Dave Koz juga bilang kalo dia suka sama Indonesia. Indonesia itu cantik dan makanannya enak-enak. Everytime he goes here, he loves this country a little more and more. Tapi dia nggak suka sama macetnya Jakarta. Nggak apa-apa kok Dave. Kita semua orang Indonesia juga nggak suka sama macetnya Jakarta. Siapa coba yang suka sama macetnya Jakarta. Tante gue pernah kejebak macet disana sejam cuma bisa gerak 300 meter.


Tapi sayangnya begitu gue sama temen-temen keluar dari BNI Hall, Athfy sama Nadia tawuran gitu. Nggak tawuran juga sih. Had a little couple fight, lah. Jadi keduanya uring-uringan dan--diikuti oleh gue dan Intan yang clueless--keluar dari gedung JI Expo. Anehnya habis uring-uringan Athfy itu langsung muncul lagi ngebawa dua tote bag Java Jazz warna ungu yang isinya kaos. Satu dikasih buat gue sebagai hadiah ultah, satu lagi buat Nadia. Gue sempet mikir insiden berantemnya itu cuma skenario, tapi nggak taunya beneran. Aneh emang itu anak sumpah.

Gue sampe Bandung subuh, sekitar jam 4 pagi. Athfy sama Nadia sms gue dan minta maaf, katanya nggak enak jadi ngeganggu acara Java Jazz nya. Padahal nggak apa-apa. Yang gue bener-bener gue sesali sebenernya cuma dua; gue nggak sempet foto di booth depan deket pintu masuk dan gue nggak sempet nonton Phil Perry karena udah keburu keluar gedung. But it was still a great night after all. Asyik banget lah.


Subuh itu gue sempet online twitter dan udah ada beberapa mention dari temen-temen yang ngucapin selamat ulang taun. Dari tengah malem juga ada beberapa temen yang ngucapin lewat sms, salah satunya pasangan unyu Puspa dan Bagus yang ngesms paling pertama pas jam 12 malem. Kalian berdua tuh ya bener-bener deh :')

Gue langsung tepar di kasur.


Sekitar jam 7 pagi, Mama teriak dari lantai bawah nyuruh gue bangun dan turun. Ibu gue itu kalo udah teriak emang ampun ampunan deh. Termotivasi oleh rasa males diteriakin melulu, gue yang masih linglung pun bangun dan turun ke lantai bawah. Eh nggak taunya udah ada kue black forest yang gedeeee banget AAA!! Masih dengan nyawa yang belum kekumpul semua, gue make a wish, tiup lilin, salam ke Mama sama Papa dan potong kue. Ibu, Ayah sama adik gue cau ke Cirebon. Gue tidur lagi.

Dua jam kemudian, gue kembali dibangunkan oleh Bibi. Katanya temen-temen gue ada di depan rumah. Awalnya gue nggak ngeh dan tidur lagi, tapi begitu nyadar.. langsung lompat dari kasur HAHAHA. Gue turun ke lantai bawah dan ngecek ke depan. Ada Eva. Ternyata anak-anak IPS 2 pada ke rumah AAA!!! Ada Eva, Dika, Disti, Ayas, Naila sama Anes AAA!! Pada bawa kue sama karton yang ditempelin ucapan selamat ulang taun dari anak-anak kelas AAA!!

Kue dari anak-anak kelas


Ayas sama Disti juga ngasih gue kado. Ada album foto kecil sama botol minum unyu. Habis make a wish tiup lilin potong kue, semua langsung nyerbu ruang keluarga. Kegiatan diisi dengan makan, nonton TV, tidur siang, DVD, main PS, baca komik dan ngenet. Anak-anak juga sempet inspeksi ke kamar gue. Afi sama adiknya, Gia, dateng sekitar jam 12an pas semua lagi pada ngambil makan siang. Itu anak datengnya pas banget deh.

Seharian itu pokoknya pada cari-cari kegiatan di rumah. Naila berkali-kali bolak-balik kamar mandi. Eva sama Dika sempet keluar beberapa kali buat nyari DVD dan beli ayam tepung. Balik-balik mereka ngegandeng tukang bakso cuankie. Semuanya gue traktir ngebakso deh.

Disini kocak.


Jadi semuanya sepakat paling mahal beli baksonya 5000. Naila yang udah terlanjur mesen 6000 an pun nggak mesen lagi. Yang baru mesen dibawah 5000 langsung buru-buru nambah dan semua pun makan dengan barbar termasuk gue. Yang nggak beli sore itu cuma Adisti doang. Lalu tibalah saat perhitungan akhir.

Gue : Anes berapa?
Anes : 3000
Gue : Dika?
Dika : 5000
Ayas : Aku juga sama kayak Dika
Gue : Eva berapa?
Eva : 5000 juga
Gue : Naila?
Naila : 6000
Dika : Curaaaang!! Curaaaang!!
Naila : Atuda udah terlanjur kaliannya telat bilang!
Gue : Yaudah sih gapapa juga. Afi berapaan?
Afi : Afi beli 4000
Gue : Kalo Gia?

Gia, adiknya Afi yang lucu, sejak tadi bersikap manis sekali. Entah kenapa belakangan ini gue lagi seneng sama anak kecil--terutama cowok--yang lucu-lucu. Oke ini terkesan pedo tapi bukan pedo. Gia berkali-kali minta izin ke gue buat nambah, jadi gue persilakan aja. Tapi gue nggak merhatiin juga sih dia nambahnya berapa kali.

Habis gue tanya itu, Gia lalu menjawab dengan polosnya "7500, kak!"

Segera setelah itu perang dunia ketiga meletus.


Gue : HAH HAHAHAHAHA
Dika : Anjrit 7500!!
Ayas : 7500 laaah!
Eva : Siapa yang 7500?!
Afi : Anjir Gia kecil-kecil teh!
Naila : Tuh kan aku masih mending 6000!
Anes : Gia kecil-kecil makannya banyak lah!


Gia cuma bisa berdiri diem nyender ke tembok sambil senyam-senyum. Semua masih ribut sambil ketawa-ketawa. Pada akhirnya gue bayar juga deh itu tagihan bakso cuankie. Pas gue bayar itu gue mikir beruntung banget si mang penjualnya, sekali dipanggil langsung diborong abis-abisan.

Akhirnya rombongan anak-anak kelas memutuskan buat pulang. Kalo nggak salah waktu itu udah jam 16.30 sore dan hujan gede tinggal rintik-rintiknya doang. Afi sama Dika kebagian jadi ojek--nganterin yang lain satu-satu sampe depan komplek terus balik lagi bawa sisanya. Sebelum pada pulang, semuanya pada foto bareng.

Me with the cardboard


(dari kiri) Eva, Anes, Ayas, Aku, Disti, Afi, Naila, Dika


Dan pas banget anak-anak kelas pulang, pas ada suara cewek cengos yang sangat familiar mengucap salam di depan rumah. Begitu gue liat siapa aslinya langsung teriak keras banget terus lompat-lompat. Respon yang nggak jauh beda kayak pas anak-anak kelas dateng pagi tadi. Cucunguk Ranger with Pampam and Friends! Ada Muti, Sapi, Puspa sama Bagus AAA!!!

Ah sumpah lah hari itu tuh udah paling bikin seneng.


Setelah nganter Eva dan Dika yang pulang terakhir sampe depan rumah, gue masuk lagi ke rumah. Dan tau nggak sih. Itu anak berempat udah ada di ruang makan lagi lah sambil ngeliat-liat isi kulkas. Temen-temen SMP gue emang generasi paling nggak tau malu yang pernah ada di dunia.

Selagi gue beres-beres rumah bentaran, mereka inspeksi kamar gue dan nunggu di sana. Gue kembali ke kamar dan ngobrol-ngobrol sama mereka. Gue bilang gue belum mandi. Ini serius. Dari pagi itu gue belum ketemu air sama sekali. Awalnya Muti sama Sapi bilang gue nggak usah mandi, tapi akhirnya gue disuruh mandi juga. Maka mandilah gue.

Dan tau lagi nggak sih. Selesai gue mandi dengan handuk yang masih bertengger di pundak kayak hansip mau ronda malem bawa sarung, gue kembali naik ke lantai atas. Begitu gue buka pintu kamar udah ada Elkha lagi main PSP. ITU ANAK KAPAN MASUKNYA.

Gue : LOH kamu kapan masuknya?!
Puspa : Daritadi juga udah ada disini kali na
Bagus : Iya. Kamu aja nggak liat
Sapi : Itu tadi dia di genteng depan jendela
Muti : Iya terus masuk deh lewat tralis
Elkha : Oh jadi urang tuh semacam manusia lipat gitu ya


Seperti biasa kita semua jejerowokan nggak jelas. Akhirnya gue nyuruh mereka turun buat makan. Pada protes gara-gara rendang di rumah udah keburu abis sama anak-anak IPS 2 tadi. Lagian siapa suruh datengnya sore. Gue beliin mereka sate ayam dan nyuruh mereka buat ngabisin sisa dua kue tart yang ada di kulkas. Mereka nggak protes lagi. Kita semua makan sambil nonton TV.

Oh iya, Puspa ngasih gue oleh-oleh study tournya kemaren ke Bali. Muti juga, subhanallah sekali, bikinin gue kue. Kalo nggak salah namanya ada cheese-cheese sama blueberry nya gitu deh. Lupa gue. Pokoknya itu kue enak abis.

Sialnya.


Keesokan paginya gue sempet ngobrol-ngobrol dulu sama Mama sebelum berangkat sekolah. Sambil ngobrol, gue sambil motong kuenya Muti jadi dua bagian. Niatnya sih setengah dibawa ke sekolah dan setengahnya lagi ditaro di rumah buat dimakan kemudian. Ibu gue sempet tanya itu kue apaan dan gue jawab itu kue bikinannya Muti. Ibu gue lalu mengambil misting tempat naro setengah kuenya lagi dan lanjut ngobrol.

Gue : Pokoknya kemaren rumah rame banget deh ma
Ibu : Bagus dong (sambil nutup misting)
Gue : (menyadari ada hal yang ganjil lalu diam)
Ibu : (masih ngutak ngatik misting)
Gue : (ngeliat kedalem misting) LOH KUENYA HABIS?

Ibu gue cengengesan dan dengan lempengnya bilang "Habisnya enak."


Aku juga tau Ma kalo kuenya enak. TAPI NGGAK USAH DIHABISIN JUGA. Ibu gue parah abis. Padahal ngobrolnya itu nggak sampe lima menit dan setengah kuenya udah habis lagi. Kalo Muti denger cerita ini pasti dia ketawa keras dan ngeledekin idup gue sedih dan semacamnya.


CR dkk balik dari rumah sekitar jam 20.00. Miris banget ngeliat Sapi, Puspa sama Bagus nebeng mobil Muti sementara Elkha berjuang melawan gerimis rintik-rintik naik motor. Gue mendoakan semuanya selamat sampai rumah.


Precious gifts from my besties!


Kalian semuaaaaaa anak-anak IPS 2 terutama yang kemaren dateng ke rumah; Eva, Dika, Ayas, Disti, Anes, Naila, Afi sama Gia MAKASIH BANYAAAAAAK BANGET!! Anak-anak CR dkk terutama Muti, Puspa, Sapi, Bagus sama Elkha juga TERIMAKASIH BANYAAAAAK!! Merci beaucoup grazie dankeschön deh!!! Udah pada mau repot-repot dateng jauh ke rumah, bawain kue, bawain kado.. Aduh asli kalo inget terharu banget. Makasih banyak banyak banyak banyak banyak banget ya semuanya :')

Makasih banyak juga buat Nadia sama Athfy yang udah mau direcokin acara ngedate ke Java Jazz nya hehehehhh.. Buat semua temen-temen yang udah ngucapin juga makasih banyak banget!! Moga-moga semua doanya terkabul. Amiiin!!

This is the best, greatest, most superb and priceless birthday ever. Semoga tahun ke 17 nya seasyik hari ultahnya!

No comments

© La Valse des Mots
Maira Gall