April 3, 2012

Extraordinary Bali!

HALO SEMUANYA!! I'm insanely excited to write this post! Seminggu kemaren--tepatnya dari tanggal 27 Maret sampai 1 April 2012--gue dan temen-temen seangkatan sekolah karyawisata ke Pulau Dewata. Mau tau gimana serunya? Gue bakalan cerita selengkap mungkin. Tapi maaf ya kalo ceritanya rada nggak rapi, soalnya bener-bener bingung harus mulai dari mana! And since this post will be supremely long, please finish what you started!


Selasa, 27 Maret 2012 - Rabu, 28 Maret 2012

Pukul 5.00 subuh semua kumpul di sekolah. Ada 10 bis berjejer tepat di depan gerbang sekolah tercinta. Setelah pamit sama ayah yang udah berbaik hati pagi-pagi buta nganterin anaknya dari Kopo ke Solontongan, gue cepet-cepet masukkin koper ke bis dan nunggu kedatengan temen sekelas lainnya di pinggir jalan bareng anak-anak yang lain. Semuanya keliatan antusias banget pengen buru-buru berangkat ke Bali.

Akhirnya berangkat juga! Kerjaan gue di bis cuma ngobrol, malakin makanan anak-anak, dengerin yang ngocol, sesekali baca light novel yang sengaja dibawa, denger iPod dan tidur. Lagu-lagu di iPod gue sampe hatam dua kali saking lamanya dinyalain. Gue jarang turun dari bis karena males, paling banter kalo udah transit buat makan dan shalat aja.

Oh iya, perjalanan Bandung - Bali naik bis makan waktu satu setengah hari. Hardcore gila nggak sih. Tapi nggak bosen kok, soalnya ulah temen-temen satu bis selalu menarik dan menghibur sekali. Anak-anak suka pada main sambung kata, karaokean dengan lagu kojo ABG Tua, foto-foto dan ngebuli Gilda. Oke ini miris. Jadi ceritanya temen sekelas gue Gilda alias soulmate (baca : solmet) jadi bahan bulian anak-anak sekelas selama karyawisata ke Bali. Buliannya tuh ada-ada aja. Nanti kalo ada bulian kocak yang gue inget pasti gue ceritain disini.

Yang sangat memorable adalah ketika hari sudah menjelang sore dan semuanya mulai kehabisan energi, beberapa anak mulai jadi korban iklan. Ijay yang duduk di bangku depan gue pun nyanyi-nyanyi nggak jelas.

Ijay : Sekarang sumber air sudekat..
Yang lain : (diem dengerin karena udah pada hafal lanjutannya)
Ijay : Beta jadi mudah bantu ibu buang adik ke sumur
Yang lain : HAHAHAHAHAHA


Alhamdulillah setelah 33 jam terombang-ambing di bis, semuanya sampai di Pelabuhan Katapang Banyuwangi. Rombongan nyebrang naik kapal feri dan voila, sampai juga di Pelabuhan Gilimanuk Bali! Gue dan temen-temen masih harus bersabar karena perjalanan dari Gilimanuk sampai ke Denpasar masih lumayan panjang--makan waktu sekitar empat jam.

Sampe hotel sekitar jam 10.00 WITA. Langsung rebutan mandi. Untung gue mandi duluan, abisan yang mandi habis gue--satu hotel--nggak kebagian air. Habis beberes muatan dan siap-siap buat besok, gue dan roommate yang masih pada laper delivery Mc Donald dan party di kamar. Habis itu tepar di kasur.



Kamis, 29 Maret 2012

Pagi pertama di Pulau Dewata! Habis siap-siap dan sarapan, gue dan temen-temen pergi ke daerah Batubulan buat nonton Tari Barong. Scene awal pertunjukannya lucuuuu banget, soalnya ulah Barong sama si Monyet gaul lucu banget! Scene akhir-akhirnya lumayan cunihin tapi lumayan lah masih bisa diketawain dan dimaki-maki muheheheh.. Habis nonton Tari Barong, rombongan berkunjung ke Tirta Empul. Sayang banget nggak bisa masuk ke Istana Tampak Siringnya. Tapi ya nggak apa-apa juga sih.

Gue pribadi agak sedih pas nyampe disini. Pasalnya tujuh tahun yang lalu, gue pernah main ke Tirta Empul bareng kakek yang sekarang udah almarhum. Jadi begitu nyamper ke tempat yang dulu pernah disinggahi bareng almarhum kakek berasa sedih aja. Gue ngider-ngider berempat bareng Eva, Disti sama Sheila. Habis foto-foto, balik bareng temen-temen yang lain, balik lagi deh ke bis.

Oh iya, gue hampir aja lupa. Mulai hari ini bakal ada satu peserta baru loh yang ikutan kece di bis. Namanya Bli Shandi (I don't know whether I misspelled his name or not). Orangnya baik, kalo ngelucu lebih banyak garingnya, tapi sekalinya lucu dan sekalinya garing banget bener-bener bikin ngakak ngejengkang. Ah asyik lah pokoknya.


Makan siang di Gunung Batur, Kintamani!! AAA WHAT A VIEWWWW!! Udaranya sejuk dan viewnya baguuuuus banget! Terlebih lagi gue dan anak-anak sekelas nggak harus ngantri makan panjang-panjang karena kita kebagian jatah makan siang guru HAHAHA makin indahlah makan siang hari itu. Gue juga kebagian dessert yang maknyus sekali.


Lanjut jalan lagi! Kali ini ke Desa Adat Panglipuran. SIALAN INI DESA APAAN LAH. DEMINYA. Desanya baguuuuuus banget! Desanya masih tradisional, tapi bersih, rapi, dan tertata banget. View nya juga bagus. Ah shitmen banget. Gue pengen deh angkat kaki dari Bandung dan tinggal disana. Desa Panglipuran ini adalah tempat yang paling berkesan buat gue selama tiga hari ngider-ngider di Bali kemaren. Gue sama temen-temen keliling desa, masuk ke rumah-rumah penduduk, dan nggak lupa juga foto-foto.

Hampir semua hasil jepretan favorit gue diambil di Desa Panglipuran ini. Nanti kalo dokumentasinya udah ditangan pasti gue post. Mulai dari Eva-Dika nyiksa satu sama lain, Eva ngejar ayam, Yohan dicandid mirip memenya 9gag, sampe Aok juragan minyak. Disini juga gue foto bareng Bli Shandi dan temen-temen kelas. It was so much funnnnn! #tandahatiseribukali


Habis dari Desa Adat Panglipuran, rombongan lanjut lagi ngeliat kerajinan perak. Nggak penting juga sih ini. Gue sempet turun bentaran bareng Sheila aka Chila, tapi karena nggak menarik ya langsung masuk bis lagi. Plus keinginan Chila mau buang air kecil harus pupus karena toiletnya nggak ada yang baik hati. Eh pas bis lain udah pada berangkat, tiba-tiba Dimas 'Kabul' minta temenin gue buat balik ngeliat perak.

Dimas : Anna temenin aku lah
Gue : Apaan
Dimas : Aku mau beli oleh-oleh buat Alifva (ceweknya, ceritanya)
Gue : Anjir niat lah
Dimas : Sayang pacar hehehe
Gue : Yaudah gancang

Gue dan Dimas lalu jalan ninja balik lagi ke dalem toko kerajinan perak. Sepanjang jalan diliatin anak-anak dari bis lain yang udah mulai bergerak ninggalin pelataran tempat parkir. Pas kita balik lagi kesana, sebenernya itu toko udah tutup pintu. Cuma kita berdua aja merangsek masuk. Begitu masuk barang yang dicarinya malah nggak ada.


Lanjut lagi ke pusat oleh-oleh Dewata. Gue galau abis. Kalo belanja disana harganya udah fixed nggak bisa ditawar, sedangkan gue sangat ingin belanja tawar-tawaran di Sukawati. Selain bakalan dapet banget feelnya, bakal lebih murah juga. Belum belanja di Bali soalnya kalo belum nawar sadis di Sukawati. Berkali-kali gue tanya ke temen dan tour leader gue apakah rombongan bakal ke Sukawati apa nggak.

Gue : Ini bakal ke Sukawati nggak sih?
Aok : Nggak na. Aku udah tanya katanya nggak
Gue : Bakal ke Sukawati nggak sih?
Dika : 50:50 na
Gue : Bakal ke Sukawati nggak sih?
Entah siapa : Bakal

Yang bener yang mana.


Pada akhirnya gue gambling. Gue ngeborong toiletries dan aromatherapy doang dan berharap keesokan harinya bisa ke Pasar Sukawati buat belanja aksesoris, baju, celana, tas, dan lainnya. Kalo sampe nggak ke Sukawati oh mampuslah gue. Bisa-bisa balik ke Bandung cuma bawa lulur Sekar Jagat tiga biji, minyak pijit dua botol sama dupa dua kotak. Apaan coba.



Selesai makan malem, semuanya balik lagi ke hotel. Ngomong-ngomong pas makan malem ini ada yang kocak juga. Ceritanya gue dan Chila yang udah kebelet akhirnya pada kencing dulu di toilet restoran. Itu toilet ajib banget deh. Saking ajibnya gue sama Chila yang beda bilik pada ngobrol pas lagi buang air di bilik masing-masing. Abisan toiletnya bagus banget!

Chila : Ih anna banyak kacanya. Aku ngaca terus nih
Gue : Sama kok aku juga

Entah ada orang diluar apa nggak. Kalo nggak ya syukur, kalo ada entah apa komentarnya.


Pas lagi makan, rupanya Chila nyeritain tentang toilet ajib itu ke anak-anak cewek yang lain. Gue pribadi nggak gitu ngedengerin sih dia cerita apa aja, soalnya gue laper dan gue makan dengan barbar tanpa memperhatikan lingkungan sekitar lebih jauh lagi.

Pokoknya selesai makan yang lain pamit duluan hingga tinggal tersisa gue dan Chila di meja. Tiba-tiba Chila nepuk-nepuk gue dan nunjuk ke rombongan cewek temen sekelas yang lagi pada jalan didepan. Katanya 'Anna itu liat mereka salah jalan!'. Gue pun langsung ketawa-ketawa.

Gue : Emangnya mau pada kemana sih?
Chila : Mau ke toilet!
Gue : Lah kenapa bisa salah jalan?
Chila : Aku ngasih taunya salah
Gue : HAHAHAHA ai kamuuuuu

Gue dan Chila sibuk ngasih isyarat ke temen-temen yang lain supaya ganti arah, tapi mereka nggak ngeliat dan isyarat kita pun nggak digubris. Pada akhirnya mereka masuk ke pantry. Gue dan Chila tergelak-gelak di meja. Lumayan lama itu rombongan anak-anak cewek nggak balik-balik. Begitu balik, gue sama Chila kembali tergelak.

Sementara Chila ngasih isyarat arah toilet ajib ke rombongan, gue masih ketawa-ketawa. Akhirnya rombongan ngeliat isyarat Chila dan kali ini berjalan ke arah yang benar. Tapi nggak taunya mereka malah ngelewatin pintu masuk toilet ajibnya sendiri HAHAHAHA sehingga mereka harus kebingungan lagi dan balik lagi buat masuk ke pintu yang benernya.

Gue dan Chila nggak bisa berenti ngakak.


Bli Shandi juga sempet ngelawak dalam perjalanan pulang ke hotel. Ceritanya anak-anak di bis banyak yang pada kebelet pengen cepet-cepet ke kamar mandi buat kencing, ngurus panggilan alam dan bersih-bersih. Lalu inilah yang dikatakan Bli Shandi kepada seisi bis.

Bli Shandi : Coba semuanya pegang pergelangan tangan kirinya
Semua : (pegang pergelangan tangan kiri)
Bli Shandi : Yang keras pegangnya!
Semua : (pegang yang keras)
Entah siapa : Terus diapain lagi Bli?
Bli Shandi : Ya kalo capek nanti sampe hotel lepas aja

Bli..


Malem itu niatnya gue pengen keluyuran keluar hotel, namun berhubung udah malem banget dan izinnya nggak keluar ya akhirnya di kamar aja deh nganggur. Cuma Eva, Chila, Dika, Aok sama Dimas aja yang nekad ngider keluar naik taksi. Malemnya gue kedatengan tamu yang niat malak makanan malah cuma dapet air putih seteguk. Asli itu orang sedih banget idupnya.



Jum'at, 30 Maret 2012

Hari kedua di Bali and it's time to do some water sports! Tanjung Benoaaaaa!!

Pertama-tama gue, Chila, Eva, Disti, Gita, Nisa aka Pucca, Agnes, Nunu, Dika dan Aok pergi ke Pulau Penyu. Kita bersepuluh bertualang naik perahu. Asyik banget pokoknya. Sampe pulau penyu ya kita liat-liat penyu HAHAHA lumayan garing sih. Pada foto bareng penyu mulai dari ukuran bayi sampe ukuran bagong, foto sama ular, foto sama iguana, foto sama elang, dan foto sama turis Jepang!


Jadi ceritanya gue berhasil conversation bareng turis Jepang. Ini serius. Target gue emang ngobrol sama bule Inggris, Jepang dan Prancis di Bali. Dari kemaren gue nyari nggak dapet-dapet terus. Bule Inggris emang banyak sih, cuma gue nggak berani mulai aja. Nyari bule Prancis djangar abis men. Nyaris nggak denger sama sekali deh ada bule ngomong pake bahasa Prancis. Giliran turis Jepang, yang banyak nemu malah turis Cina. Mana ngerti gue mereka ngomong apa.

Tapi akhirnya pas di Pulau Penyu nemu juga! Cewek cantik tiga orang--dua masih muda, satu udah lumayan tua--dan satu anak kecil cowok yang LUCUUUUUUUU BANGET. Oke pedo gue kambuh. Ketika gue dan Chila lagi jalan-jalan bareng, Chila yang emang pada dasarnya suka anak kecil ngeliat rombongan turis Jepang tersebut. Anak kecilnya lagi digendong sama orang pribumi dan dideketin ke penyu ukuran besar. Otomatis si anak kecil ini ketakutan dan teriak-teriak unyu gitu. AH ASLI LUCU BANGET SIAL.

Gue dan Chila nontonin si anak kecil cowok teriak-teriak sementara tiga cewek lainnya ketawa-ketawa. Cewek yang paling muda ngerekam dia pake handycam.

Anak kecil : CHOTTO KOWAI YO! KOWAIIII! penyunya seremmmm
Cewek 1 : Hahahahaha daijoubu da yo nggak apa-apa kok
Cewek 2 : Hahahahaha omoshiroi ne asyik ya
Cewek 3 : Hahahahaha sou iya
Anak kecil : KOWAI YO KOWAIIII! seremmmm


Dari situlah gue ngeh mereka berempat orang Jepang. Kira-kira begitulah translatenya. Maaf gue bukan penerjemah yang baik.

Karena anak kecilnya sangat lucu, gue dan Chila tetep di tempat ngeliatin dia. Chila berkali-kali ngedorong gue buat ngajak ngobrol para turis Jepang. Setelah mengumpulkan segenap tenaga, akhirnya dengan suara gemeteran gue pun nyapa turis Jepang yang udah lumayan tua.

Gue : Ano sumimasen, nihon kara kimashitaka? permisi, apakah anda datang dari jepang?
Cewek 2 : Ah hai oh iya


OMAGAAAA BERHASIL. Turis Jepangnya ramah banget AAAAAAAAAAAA YA AMPUN AKU HARUS NGOMONG APA LAGI.

Gue : Ano otoko no ko wa totemo kawaii desu ne anak kecil itu lucu sekali
Cewek 2 : Ah sou desu! Nihon ga jouzu desu yo! oh iya! wah bahasa jepang kamu jago!
Gue : Ah iie. Watashi wa sukoshi dekimasu, demo amari jouzu ja arimasen nggak kok, saya bisa sedikit tapi nggak begitu jago
Cewek 2 :(manggil dua cewek lainnya) Kono hito wa nihon ga dekimasu yo! Nihongo wa jouzu! orang ini bisa bahasa jepang loh! jago pula!
Cewek 1 : Hontou desu ka? wah iya?
Cewek 3 : Kouta-kun, mite yo! Kouta-kun, liat!


Turis Jepang yang muda, yang ngegendong si anak kecil bernama Kouta, langsung nyamperin bareng turis Jepang yang paling muda. Dua-duanya cantiiiiiik banget. Terus gue ngomong lagi kalo Kouta itu lucu banget. Turis Jepang yang muda itu lalu ngasih tau Kouta kalo menurut gue Kouta itu lucu.

Kouta langsung malu-malu dan salting. SHITMENNNNNNNN KENAPA LUCU BANGET.


Cewek 3 : Shy yo! dia malu
Gue : Sou desu ka hahahaha (gue nyamperin Kouta) Konnichiwa! selamat siang!
Kouta : (sibuk ngurusin telapak kakinya yang berlumur pasir)
Gue : Konnichiwa, onamae wa? selamat siang, nama kamu siapa?
Kouta : (malu-malu)
Cewek 1 : Kouta desu! nama saya kouta!
Cewek 2 : Hazukashii ne! malu ya!
Gue : Kouta-kun, halooo! halo Kouta!


Sampai gue pamit itu Kouta masih malu-malu kucing. Tapi nggak apa karena aslinya LUCU BANGET. AH SIAL LUCU BANGET. Akhirnya gue ngucapin makasih dan pamit pergi duluan. Gue sama Chila kembali ke rombongan dan cerita soal conversation bareng turis Jepang tadi. Eh yang lain pada penasaran!

Dika : Wah serius na ngobrol? Yang mana?
Gue : Yang itu tuh
Eva : Foto bareng yuk!
Disti : Mintain foto bareng na!
Gue : Yah ambo malu habisnya tadi udah pamitttt
Dika : Ah gancang lah mintain aja lagi!


Rombongan minus Gita, Pucca dan Nunu lalu berbondong-bondong nyamperin para turis Jepang lagi dengan alibi kebetulan melintas. Akhirnya gue sapa lagi deh itu empat turis Jepang unyu.

Gue : Ano sumimasen, kore wa watashi no tomodachi desu permisi, ini temen-temen saya
Cewek 2 : Sou desu ka
Gue : Ano.. Isshoni sashin o totte mo ii desu ka anu, boleh foto sama-sama nggak?
Cewek 1 : Sashin? Kouta to? foto? sama kouta?
Cewek 2 : Ii desu yo! boleh!


Dan kami pun berfoto bersama. Aaa Kouta-kun, aku nggak akan pernah lupa sama kamu deh! Soalnya kamu lucu banget! Coba aja nggak malu-malu, itu pipi udah bengkak kali aku cubitin muhahahahahah


Habis itu semua balik ke Tanjung Benoa dan do some water sports. Gue parasailing sekali. Tapi belangnya berkali-kali lipat. Eva, Dika, Adisti sama Aok pada naik Banana Boat. ND sama Seno naik Flying Fish berdua. Gue pengen juga sih nyoba naik dua mainan itu, cuma gue males banget basah-basahan. Jadi diurungkan dulu deh. Lagian kalo kebanyakan naik ini itu gue bisa tekor duluan sebelum bisa belanja oleh-oleh..


Habis main di Tanjung Benoa, rombongan lanjut main ke Garuda Wisnu Kencana alias GWK. Gue suka sama GWK karena penataan tempatnya kece. Tapi sayang patungnya nggak rampung-rampung sehingga terkesan nggak jelas. Habis dari GWK, semua lanjut main ke Pantai Kuta. Gue, Eva, Disti sama Anes malah keluyuran ke jalanan buat belanja, bukannya main di pantai. Habisnya gue udah nggak niat main-main di pantai lagi. Udah kenyang sama Tanjung Benoa. Terlebih lagi karena ada kebutuhan mendesak yang harus dibeli saat itu juga.

Satu-satunya hal yang gue sesali dari plot mangkir hari itu adalah karena gue terpaksa ngebohongin Bli Shandi. Pas gue papasan sama Bli dan doi nanya gue mau kemana, gue jawabnya mau ke pantai di ujung satunya lagi. Padahal aslinya mau ngabur. Maaf ya Bli :')

Jadilah sore itu gue ditemani tiga cewek kece ngider-ngider sepanjang Jalan Kuta. Outlet-outlet surf berjejer cantik minta dikunjungi. Setelah puas window shopping dan target gue udah kebeli, kita berempat balik ke Pantai Kuta buat gabung sama temen-temen lainnya. Balik dari Pantai Kuta lanjut lagi ke Jimbaran buat makan malem.


Anak-anak cowok beserta wali kelas gaul Pa Toteng menggila di panggung--pada dangdutan dan joged sambil nyawer. Sayang banget Kabul kudu pake acara galau segala, padahal yang lain lagi seneng-seneng. Pokoknya seharian itu gue kenyang ketemu pasir, laut, dan mandi matahari. Belangnya ekstrim banget. Jadi sedih ngeliat kaca tambah item..

Gue sampe hotel sekitar pukul 11 malem dan buru-buru ngurus ini itu--mulai dari siap-siap piti buat belanja besok, ke minimarket beli kebutuhan mendadak, ngurus kebutuhan mendadak yang deadlinenya tinggal 45 menit lagi, ngurus ini, ngurus itu, belum packing, belum mandi, waduh rujit sekali. Pada akhirnya gue baru bisa tidur dengan tenang pukul 02.30 waktu Bali.


Sabtu, 31 Maret 2012 - Senin, 2 April 2012

Hari ketiga sekaligus terakhir di Pulau Dewata! Masih dengan kantuk yang teramat sangat ogud bangun, masih harus final packing pula. Habis itu gue sarapan dan keliling kamar anak cowok bareng Disti. Koplok abis itu anak-anak cowok belum pada bangun sementara hampir 3/4 peserta karyawisata udah pada masukkin koper ke bis. Untung Disti inisiatif ngecek mereka, kalo nggak wah mati aja deh bakal jadi bis paling terakhir yang pergi.

Bis gue emang kebiasaan jadi yang paling bontot dalam segala hal. Soalnya anak-anaknya pada jam karet. Gilda aja sampe dikasih titel Ratu Telat sama Bli Shandi. Ya nggak apa-apa lah, mumpung di Bali ini. Jadi kan ngerasain telat di Bali kayak apa.

Pucuk dicinta ulam pun tiba. Sukawati jadi tujuan pertama setelah check out dari hotel. Gue ditemani Disti langsung ngider-ngider buat belanja. Kita berdua udah nggak tau deh berhasil dapet bareng apa aja, keluar uang berapa, sharing uang barengan berapa.. Alhasil begitu sampe lagi di bis dan coba kalkulasiin semua, kita berdua udah angkat tangan aja.

Habis dari Sukawati lanjut lagi ke Bedugul, ke Pura Ulun Danu di tepi danau Bratan. Mungkin karena gue udah kelewat capek jadinya objek wisata yang satu ini nggak begitu berkesan. Mana dingin banget pula. Satu-satunya yang berkesan banget disini adalah penyesalan gue karena nggak berhasil nemu penjual Pisang Leget.


Gue adalah penggemar Kartun Benny & Mice, dan otomatis gue udah pernah baca Benny & Mice Lost in Bali. Di buku itu Mas Benny dan Mas Mice ngebahas tentang dessert kece bernama Pisang Leget yang ada di Bedugul. Jadi kayak pisang yang digoreng, disajikan bareng vla vanilla dan cocok dimakan bareng secangkir teh atau kopi hangat. Cocok banget sama cuaca di Bedugul yang dingin.

Pengen banget deh makan Pisang Leget. Cuma gue nggak ngeh juga belinya dimana. Apa di restoran di dalem area Pura Ulun Danu? Atau di kios kaki lima depannya? Atau dimana sih? Akhirnya setelah keliling-keliling ya.. Nggak dapet apa-apa.

Aslinya nyesel banget lah. Nggak tau kenapa ngidam Pisang Leget banget. Ah sial sekali.


Habis dari Pura Ulun Danu lanjut ke Jogger! Disini gue juga belanja nggak mikir-mikir duit lagi. Nggak taunya sisa uang di dompet tinggal 40 ribu aja. Untung Sumi mau beli kacang Bali yang kemaren iseng gue beli di Dewata dan uang gue pun nambah jadi 50 ribu.

Btw di jalan dari Pura Ulun Danu ke Jogger, rombongan ngelewatin semacam abandoned house punya keluarga Cendana, masih di daerah Bedugul. Kata Bli Shandi rumah itu ditinggalin gara-gara banyak makluk halus yang iseng. Masa turis asing aja diisengin. Nggak habis pikir gue, rumah segede itu ditinggalin begitu aja sampe keliatannya jadi serem banget gitu. Malah katanya penjaga rumah yang biasa bersih-bersih aja nggak berani kesana. Dasar keluarga Cendana. Uangnya udah nggak berseri.


Terus perpisahan sama Bli Shandi. Ah sedih.. Bli bilang, kalo ada yang belum didapet di Bali selama tiga hari ini, berarti semua harus balik lagi ke Bali. Makasih banyak ya Bli, maaf kita semua bandel. Bli lagi nyerocos tentang Bali eh kita malah pada tepar semua di bis :')


Sampe ke Pelabuhan Gilimanuk jam 11.00 WITA. Turun dari bis muka semua anak udah nggak berbentuk. Mau nggak mau harus turun dari bis sih pas naik kapal feri, jadi nyawanya pada belum kekumpul semua deh. Sampe di Pelabuhan Katapang Banyuwangi jam 12.30 dini hari dan lanjut jalan lagi ke Bandung.

Di kapal feri itu Gilda dibuli gila-gilaan deh sama Dika. Dika itu kalo udah ngebuli emang jahat banget. Dari semua bulian si Ratu Telat, bulian malem itu udah paling berbekas di hati deh. Jadi ceritanya Dika pengen foto Solmet secara candid, tapi Solmet melawan dan nggak bisa diem. Jadi aja Dika ngejitak kepala Solmet dan neken kepala itu sampe kebawah, sampe Solmet kudu nunduk-nunduk segala HAHAHAHAHAHA

Nggak taunya itu foto candid hasilnya asli gila najis keren banget. Solmet senang. Dika mencibir.

Udah gitu Gilda juga dibuli habis-habisan dalam perjalanan pulang selama di bis. Dibilang Gilda mau bantu nyuci bis lah, Gilda mau bungkus prasmanan yang nggak habis lah, ya ampun ngakak nggak ketulungan. Solmet nya sendiri nggak mau membela diri sih! Gue udah sering teriakin dia buat defend for herself namun tampaknya dia menikmati jadi bahan bulian anak-anak ya.. Yaudah.


Penutupan karyawisata keesokan malemnya. Habis itu balik dan sampe di rumah tercinta. Ya ampun, home sweet home banget. Gue langsung hibernasi tidur cantik seharian penuh. Eh iya sempet ke Malioboro juga deng. Disini gue merasa miris, kasian banget sama diri sendiri, dan merasa begitu tersiksa..


Alkisah uang di dompet ada 50 ribu. Terus gue beli bakpia pathuk satu bungkus. Uangnya jadi tinggal 22 ribu.

Begitu sampe di Malioboro dan turun dari bis, gue ketemu Elkha. Itu anak bayar utang katrol 20 ribu HAHAHAHA BERKAH TUHANNNN uang gue nambah jadi 42 ribu. Kenapa utang katrol? Karena pada dasarnya dia nggak usah bayar 20 ribu juga. Nominal itu hasil perhitungan gue sama Muti yang waktu itu tekor ngebolang ngasih surprise buat Devi dan pada akhirnya membebankan semua loss kita ke Elkha.

Gue, Chila, Eva sama Dika yang laper transit ke Mc Donald buat makan. Keluar dari sana uang gue tinggal 15 ribu.

Bisa apa gue dengan 15 ribu di Malioboro men. Mana lupa belum beli oleh-oleh buat Bibi di rumah. Jahat banget gue melupakan Bibi yang begitu baik hati. Alhamdulillah nemu celana sontog yang setelah ditawar Eva habis-habisan dapet beli seharga 13 ribu.

Ralat. Bisa apa gue dengan 2 ribu di Malioboro men. Bisa apaaaaa??


Sialnya lagi, entah kenapa barang-barang di Malioboro begitu lucu. Mulai dari baju, celana, batik, aksesoris, sampe tas aja lucu-lucu banget. Beda kayak Malioboro yang gue kunjungi sekitar dua tahun yang lalu. Makin aja gue kesiksa disana. Apalagi pas nemu tas lucuuuuu banget yang harganya 30 ribu. Haish, pengen ngais-ngais tanah dah gue.


But overall the Bali trip was so much funnnnnnn!! Makasih banyak temen-temen sekelas, makasih banyak temen-temen seangkatan, makasih banyak Mba Mia tour leader paling kece sejagad raya dan makasih Bli Shandi yang super dahsyat! Makasih juga buat Mamski dan Papski yang udah berbaik hati modalin anaknya ini ke Bali. Maaf semua modalnya pada akhirnya dihabisin HEHEHE.

BALI BAGUSSSS! #tandahatiseribukali

2 comments

Kintan Marciella said...

demi apalah. kenapa disini harus ke jogjaaaaa

Anonymous said...

demi dewa dewi fashion di milan tannnnn muheheheheh harusnya protes ke sekolah jangan ke jogja ke bali aja gitu

© La Valse des Mots
Maira Gall