January 2, 2013

Akemashite Omedetou!

Nggak kerasa ya, tau-tau udah penghujung tahun aja. Perasaan baru kemaren saya sama keluarga nonton kembang api sambil ber-barbeque ria di loteng rumah nenek, menyambut hadirnya 2012. Tau-tau sekarang udah 2013 lagi. Time does fly, life does go on.

Di 2012, banyak banget yang terjadi. Yang bikin saya ngaca, yang bikin saya merenung. Penghujung tahun kemaren bener-bener nano-nano. Rame rasanya gitu deh. Sehari setelah bagi rapot, saya sama temen-temen SMP--the same team, as usual--langsung liburan ke Cipanas. Sumpah itu acara ke Cipanas hardcore banget. Cuma direncanain tiga hari (dan banyak hamposnya) tapi ternyata cus juga. Dan alhamdulillah acaranya lancar.

Udah gitu tanpa diduga, rencana keluarga buat tahun baruan di Yogyakarta mendadak batal gara-gara ayah saya harus ngurus kerjaan yang nggak bisa ditinggal. Ya mau gimana lagi sih.. namanya juga pegawai pemerintah. Dari tahun ke tahun juga gitu-gitu aja lagian. Cuma nggak tau kenapa rada bete juga ini. Tapi udah beberapa hari ini saya sama ibu jalan-jalan dan belanja terus berdua, plus ayah lagi baik-baiknya banget, hampir tiap nyampe rumah selalu bawa makanan enak. Jadi seneng-seneng aja sih meheheheh..

Eh kalem deng. Tanggal 31 Desember kemaren, saya sama ibu jalan-jalan seharian. Begitu sampe rumah yang notabene udah sekitar jam 10-an, ternyata mati lampu. Ternyata udah mati dari jam 18.50 an gitu, udah tiga jam lebih. Ini nggak tau PLN yang jahat atau Kopo kelewat fana. Lalu setelah menghabiskan hampir setengah jam muter-muter komplek nyari lilin (dua minimarket, satu supermarket, dan tiga warung rokok) dan kembali ke rumah, 15 menit kemudian lampunya malah nyala. Ini nggak tau harus bersyukur atau harus jedotin kepala ke tembok.


Oh iya, saya juga lagi jatuh cinta sama buku-bukunya Dee. Nggak semuanya juga sih. Dari semenjak booming Perahu Kertas sampe Supernova dulu, jujur aja, saya nggak pernah tertarik sedikit pun buat baca novel-novel karya Dee. Nggak tau kenapa males aja gitu. Tapi setelah saya ngeliat twit nyeleneh salah satu senior saya tentang Filosofi Laron, mendadak saya kayak kesambet. Langsung ngebet banget pengen baca Filosofi Kopi. Apalagi pas di Cipanas kemaren juga sempet ngobrolin novel-novel bareng Sapi sama Elkha, makin-makin aja ngebetnya. Dan saya juga jadi pengen baca Madre. Kedua temen saya yang biar sarap doyan baca novel-novel berat itu bilang kalo ide Madre kece banget, sayang cuma sebatas cerita pendek. "Kalo jadi novel bakal keren banget," gitu mereka komentar.

Dua hari setelah balik dari acara Cipanas itu, saya cus ke BEC buat nambah RAM notbuk. Niatnya sih biar bisa dimasukin game (yang ujung-ujungnya nggak bisa karena saya cupu banget buat urusan game PC, jadi udah duluan stuck di tahap instalasi. Jadi aja ini bertahan mainin ulang game PSP dan The Battle for Middle-earth nya dianggurin). Terus sekalian ke Gramedia. Akhirnya setelah muter-muter nggak jelas sampe ngecek stok buku di customer service segala (sumpah ini perpaduan atara kelewat bego dan kelewat niat), saya dapet Filosofi Kopi (yang ternyata etalasenya udah saya lewatin tiga kali lebih bolak-balik). Waktu itu saya belum begitu minat sama Madre, soalnya niat saya pengen ngecek kecocokan dulu lewat Filosofi Kopi ini. Kalo ternyata novelnya cocok sama saya, baru saya mau beli Madre.

Dan ternyata Filosofi Kopi keren banget.

Sumpah keren banget. Shit urang kemana aja selama ini baru baca itu buku sekarang. Langsung kalap deh pengen beli Madre. Nggak mau minjem pokoknya! Harus beli, harus punya sendiri! Tapi saya masih nggak tertarik baca novel Dee yang lain. Yah, gini deh orang yang doyan pilih-pilih sama keras kepala. Harus nunggu panggilan dulu baru tergerak.

Nah, siang sampe sore tadi juga saya sama ibu jalan-jalan lagi hehehehe.. Ibu pengen beli rak sepatu baru gitu. Selagi ibu saya muter-muter nggak jelas, saya belok ke toko buku yang kebetulan ada di gedung yang sama, kalap nyari Madre. Soalnya waktu tempo hari saya jalan-jalan dan ke toko buku juga, Madre disana udah habis. Dan ini lucky banget akhirnya dapet Madre. Itu stok terakhir di toko bukunya. Bener-bener stok terakhir yang sampel gitu, yang udah nggak ada plastik covernya. Padahal kalo nyari ke toko buku lain mungkin ada yang masih diplastikin, cuma saya udah ngebet banget dan males nyari-nyari lagi. Mumpung lagi diluar. Yaudah sikat.

Ini nggak tau niat, nggak tau keras kepalanya kambuh.

Saya juga beli dua novel lain, salah satunya The Fault in Our Stars nya John Green. Sinopsisnya nggak gitu 'gue banget' sih, cuma waktu itu temen saya Anisa pernah bilang kalo novelnya bagus. Dan doi juga share sebuah quote dari buku itu yang sampe sekarang selalu jadi salah satu favorit saya :


I'm in love with you, and I'm not in the business of denying myself the simple pleasure of saying true things

Oh how sweet.

Ampuni aku, Nis. The Lovely Bones nya masih harus diundur dulu :')


Terus pas akhir tahun kemaren, saya sama ibu juga nonton film Habibie & Ainun. Ini diluar rencana saya sebenernya. Ibu mendadak beli tiket aja, ya mau gimana lagi kan. Akhirnya nonton deh. Saya emang penasaran banget sih sama film yang satu itu, cuma berhubung lagi nggak mood nonton film yang sangat berpotensi bikin nangis, jadi agak males.

Keluar bioskop ya.. bete. Campur aduk. Ini yang bener-bener saya pikirin.

Tuh kan bener. Habibie lebih milih di Jerman aja juga soalnya di Indonesia beliau nggak dihargai. Orang Indonesia yang pinter-pinter di luar sana lebih milih go overseas karena ya mereka dihargainnya disana. Banyak kan selama ini yang cuap-cuap macam 'kenapa sih orang-orang yang pinter pada ke luar negeri? harusnya kan majuin bangsa sendiri dulu'. Ya itu deh alesannya. Nggak dihargai. Kalo dihargai pun, masih ada pihak-pihak di luar kepulauan sana yang lebih menghargai.

Tapi di sisi lain, fenomena masyarakat yang udah nggak percaya sama pemerintah emang nggak bisa disalahin juga. Secara korupnya nggak kira-kira. Yang bersih pasti ada, tapi yang korup pasti lebih ada lagi. Korupsi di Indonesia itu udah parah banget sih ngakarnya. Amit-amit ya kalo sampe membudaya. Jadi ya.. gitu. Malesin abis. Liat aja tuh Hambalang, larinya kemana-mana kan.

Buat saya sekarang, urusan milih mau cinta atau nggak cinta sama negara ini udah kayak paradoks. Nge-stuck. Cinta salah, nggak cinta salah. Ini kedengerannya kayak belajar PKn masuk kuping kiri keluar kuping kanan sih, tapi ya mau digimanain lagi. Apa yang ada di materi sama yang saya rasain, sama realita sekarang, beda soalnya.

Yaudahlah nggak ada habisnya ngomongin ginian. Kebanyakan tapi disana-sini.


Dan saya lagi tertarik banget sama kopi! Ini nggak tau sejak kapan dan akarnya dari mana, pokoknya segala hal yang berhubungan sama kopi pasti selalu jadi magnet buat saya akhir-akhir ini. Selama ini saya nggak gitu suka kopi. Saya minum kopi kalo butuh aja, biasanya kalo lagi ngantuk tapi harus begadang, dan itu juga nggak sering. Saya lebih suka minum coklat dibanding minum kopi.

Beberapa bulan yang lalu, saya, ayah, sama ibu sempet nongkrong-nongkrong di kedai kopi mini di pojokan mall gitu. Menu kojonya nggak lain adalah kopi khas Malaysia, kopi lay. Kami bertiga masing-masing mesen secangkir kopi lay plus seporsi roti srikaya dan bedeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeh itu enak banget beroooooooooo. Parah abis. Kalo dipikir-pikir sekarang, kayaknya itu deh awal ketertarikan saya sama kopi.

Ibu saya suka banget sama kopi tiam. Dari dulu beliau selalu nyaranin saya sama ayah buat nyoba kopi yang satu itu. Sementara ayah, yang gaul banget udah pernah minum kopi luwak (entah dimana dan nggak ngajak-ngajak pula), berkoar-koar kalo kopi luwak itu paling enak. Soalnya beda sama kopi yang lain. "Buat yang suka minum kopi sih pasti bisa tau apa bedanya. Coba minum aja". Padahal yang saya tau, beliau juga nggak gitu doyan minum kopi, tapi omongannya terdengar sangat meyakinkan.

Temen saya yang suka ngopi juga pernah bilang gini. "Kopi, sigaret, musik reggae, temen ngobrol. Udah paling pol dah". Saya senyum-senyum aja denger dia cerita demikian dengan berapi-api.

Belum lama ini, saya sempet main bareng temen-temen dan makan di Legoh. Cups emang, saya baru tau kalo Legoh itu spesialisasinya masakan Manado akakaka. Nah, kebetulan di menu ada minuman Kopi Aroma yang arabika. Kopi Aroma jelas udah terkenal dari jaman jebot. Kakek saya suka banget sama kopi yang satu itu. Berbekal penasaran, yaudah saya mesen kopi itu. Kopi pesenan saya datang beberapa menit kemudian.

Peper : Kamu mesen kopi?
Saya : He eh
Sapi : Ngeso banget maneh na minum kopi segala
Saya : Urang penasaran.. Anget juga sih lumayan (lalu minum)

Pahit banget.

Kemudian kemaren saya sempet nyobain cappuccino juga. Oke ini juga cups. Seumur-umur nongkrong di kafe, nggak pernah sekali pun saya mesen cappuccino. Ternyata biasa juga, nggak gimana-gimana. Masih enakan kopi sachet yang beli di minimarket. Lidah saya aja kali ya yang aneh. Cuma ya.. sejauh ini kopi lay masih paling ciamik.

Saya bakal nyoba-nyoba minum kopi lagi nanti. Tahun 2013 ini anggaran saya kayaknya bakal habis buat nyoba beli minuman aneh-aneh.


Tahun ini juga pasti bakalan sibuk banget, soalnya kan saya mau kuliah! Doain ya, moga-moga bisa mulai kuliah tahun ini di universitas yang udah saya idam-idamkan semenjak kecil. Sekarang sih saya nggak mau banyak bacot, jujur aja hahaha. Jadi yaudah.

Yang pasti, semoga di 2013 semuanya lancar. Seeeeemuanya lancar. Dan semua jadi lebih baik. Aaaamiiiin!

Je vous souhaite une bonne année! Kotoshi mo yoroshiku, minna! ;)

No comments

© La Valse des Mots
Maira Gall