October 8, 2013

General View of My Early College Life

Hai semuanya! Sebelumnya saya mau minta maaf dulu ke temen-temen semua yang udah berbaik hati mau mampir dan baca post-post di Le Merveilleux Journal d'Anna ini, soalnya post terakhir saya ternyata sesuram itu buat dibaca. Ada salah satu temen saya yang langsung komentar kalo dia sedih setelah baca post terakhir saya tersebut. Saya ngerasa nggak enak aja kalo ada pembaca yang jadi suram gara-gara tulisan saya.

Anyway, kehidupan perkuliahan saya disini semakin hari semakin membaik. Hamdalah banget pokoknya. Setelah kurang lebih dua bulan kuliah, upaya adaptasi dan observasi saya akhirnya membuahkan hasil. Saya menemukan dua poin unik dalam dunia perkuliahan yang nggak bisa ditemui semasa sekolah dulu. Dua poin unik tersebut adalah sebagai berikut.

1. Urusan jodoh adalah isu sensitif. Jadi bukan cuma IPK, ternyata masalah status melajang atau nggak melajangnya seseorang juga merupakan isu sensitif disini. Modus yang bertebaran dimana-mana berserta kegalauan para mahasiswa jomblo single yang nggak berkesudahan bikin semuanya terlihat begitu desperate untuk mendapatkan pacar.

Saya lagi ketagihan main LINE Pokopang. Semua bermula ketika saya muak dikirimin invitation buat main game yang satu itu dan akhirnya memutuskan buat download. Ternyata rame. Apalagi saya udah lama banget nggak gaming, jadi aja tiap hari dijabanin.

Alkisah beberapa hari yang lalu, batre handphone saya berkurang drastis gara-gara main Pokopang. Saya lalu mengeluhkan hal itu ke temen-temen di kantin seusai kelas.

Saya : HP gue udah 69% lagi aja.. Mau nge-charge nggak bisa. Gara-gara Pokopang
Fida : Iya HP gue juga tinggal 70% lagi nih. Gara-gara chat (sama bakal calon pacarnya)
Saya : ...Anjir kenapa kontras banget gini sih
Ninet : HAHAHA JOMBLO

Well, I prefer single yet jomblo at the same time, only when it comes to a certain guy. Fair enough, isn't it?

2. Nggak bisa tidur di kelas. Ini adalah poin yang paling bikin saya menderita. Pasalnya, dari jaman masih pake seragam putih-abu dulu, tidur di kelas merupakan rutinitas sehari-hari saya. Wacana tidur di kelas itu juga bukannya nggak sengaja karena kecapekan atau apa, tapi emang disengaja. Saya emang pengen tidur di kelas. Buat saya, belajar itu mending di tempat bimbel dan di rumah aja, sekolah itu tempat tidur dan bermain bersama teman-teman. Kedengerannya emang sesat banget jadi tolong yang masih sekolah jangan dicontoh ya.

But seriously, I used to sleep at my class everyday. Bahkan baru sampe kelas pagi-pagi aja langsung tidur. Udah nggak aneh lagi pokoknya bagi saya buat denger perkataan-perkataan macam "Anjir geus sare deui wae" (baca : "Anjir, udah tidur lagi aja") atau "Makanya jangan tidur melulu". Yang "Makanya jangan tidur melulu" itu pembelaan pamungkas temen-temen saya tiap kali saya cemberut pas ketinggalan gosip di sekolah.

Sebenernya bisa-bisa aja sih tidur di kelas pas kuliah, tapi dibutuhkan skill yang tinggi supaya nggak ketauan dosen. Saya sendiri memutuskan untuk nggak tidur di kelas karena nggak enak sama dosennya. Jadi ya gitu deh.


Selama seminggu kemaren, hampir setiap hari saya bolak-balik Jakarta-Depok buat menghadiri event yang diselenggarakan sama fakultas saya. Lewat pengalaman tersebut, saya menemukan bahwa sebenernya Jakarta itu nggak panas. Yang panas itu Depok. Jakarta emang panas, tapi rupanya panas Jakarta ini nggak selaknat panasnya Depok. Dulu saya nggak ngerti kenapa temen-temen saya yang domisili Jakarta suka ngeluh kalo mereka kepanasan di kampus, tapi sekarang saya paham.

Kampret abis, saya bener-bener jadi item disini, padahal panas-panasan seharian juga nggak. Kalo kata temen sih panas di Depok itu mantul-mantul, jadi mau berlindung kaya apa juga tetep aja kena panasnya. "Habisnya di Depok gersang, nggak ada gedung tinggi, jadi nggak ada yang ngalangin sinar matahari," ujar Ninet mantap.


Lingkungan sosial pas kuliah juga beneran nano-nano rame rasanya, soalnya semua mahasiswanya berasal dari daerah-daerah berbeda, nggak cuma dari ibukota doang. Disana saya melihat perbedaan budaya yang rupanya lumayan mencolok dan lumayan bikin repot, yaitu penggunaan bahasa. Banyak istilah anak Jakarta yang saya, urang Bandung, nggak paham. And vice versa. Contohnya, anak-anak Jakarta nggak ngerti apa itu "harkos" dan "kobe" sementara saya baru denger ada istilah "komuk" beserta kata-kata lain yang ternyata cuma kata-kata yang dibaca kebalik. Kaya "enak" jadi "kane", atau "sedap" jadi "pades". Fida, Ninet, sama Virgi, temen-temen saya yang asli Jakarta, menjelaskan kalo orang-orang Jakarta emang kaya begitu. Hobi orang emang ada-ada aja.


Ngomong-ngomong soal temen HAHAHA saya ketemu sama banyak temen baru yang dipertanyakan kewarasannya. Salah satunya adalah temen yang mau saya kupas tuntas di post ini (soalnya saya udah janji sama orangnya. Dan gilanya orangnya juga mau aja dibahas disini). Namanya adalah Virgi.

Virgi ini beneran Betawi abis. Dari semua temen-temen domisili Jakarta yang udah saya kenal, nggak ada yang bisa ngalahin ke-Betawi-annya Virgi. Selain itu, anaknya juga slengean abis. Tiada hari tanpa ulah Virgi. Saking banyaknya ulah ini bocah satu, saya sampe bingung harus mulai dari mana.

FYI, post ini dibuat dalam waktu dua hari. Kemaren malem saya mulai nulis jam 21.45. Target saya adalah tidur lebih awal karena belakangan ini saya kurang istirahat, jadi estimasi saya adalah paling telat tidur jam 10.15 setelah nyelesain blogpost ini. Terus saya nulis dan nulis dan nulis sambil mengingat-ingat Virgi ini udah ngapain aja selama ini, dan begitu liat jam, nggak taunya udah jam 23.00 lagi.

Ji, sumpah.. Gue meluangkan waktu sebegitu banyaknya cuma buat nginget-nginget aib lo..


Oke, mengenai eksplanasi lengkap akan ulah Virgi. Waktu saya sama Acha lagi shalat dengan khusyuk beberapa minggu yang lalu, Virgi mendadak merangkak di hadapan kami berdua dan sukses bikin ngakak di tempat, membuat ibadah saya sama Acha nggak diterima sama Allah SWT dan harus ngulang lagi shalat dari awal.

Virgi : Lah kan gua mau shalat depan kalian, shafnya kosong!
Saya & Acha :  IYA TAPI GAUSAH MERANGKAK JUGA
Virgi : Gue nggak enak kalo ngelangkahin tempat sujudnya, yaudah gue merangkak aja. Ya udah maaf (kemudian menoleh ke belakang, ke arah Fida yang tengah merapikan jilbabnya) Eh Mustika, gua mau pinjem alat shalat
Saya : HAHAHA ALAT SHALAT. MUKENA KALI
Virgi : Iya kan mukena itu alat shalat!
Saya : Lo ngomongnya yang spesifik kek, "mukena" gitu! Alat shalat kan bisa sarung, bisa peci, bisa sajadah!
Virgi : Yaudah iya gua pinjem mukena!

Maafkan penggunaan tanda seru di tiap akhir kalimat. Ngomong sama Virgi emang selalu nggak nyantai.

Mushala tempat shalatnya emang kecil banget, jadi kalo keisi penuh sama orang yang shalat bakal susah buat mobilisasi kesana kemari. But at least she could still walk through small space in front of us. There was really no need to stupidly crawl or whatsoever.


Belum cukup sampai disana, ada lagi ulah Virgi lainnya yang sangat fenomenal. Beberapa hari sebelum acara open house organisasi dan kepanitiaan fakultas, seperti biasa saya makan siang bareng temen-temen di kantin. Kami semua sibuk ngobrolin sebuah kepanitiaan yang eventnya bakal dilaksanakan dalam waktu dekat. Saya sama temen-temen emang udah punya niat untuk gabung di kepanitiaan tersebut, tapi masih bingung harus ambil bidang apa.

Izzi : Aku disuruh senior buat jadi perlap (perlengkapan). Perlap aja yuk
Saya : Tapi penasaran jadi keamanan deh
Fida : Iya udah keamanan aja! Mending kita barengin semua
Izzi : Mending perlap tau, katanya gabut. Cuma gunting-guntingin confetti doang
Virgi : Eh enak jadi keamanan tau, bisa grepe-grepe sama ngambil barang sitaan! Nanti gue bisa ngambil parfum orang

Saya sama temen-temen yang memonopoli dua meja kantin langsung ngakak keras banget.

Saya : Anjir salah banget lo Ji
Virgi : Eh tapi emang bener kan, kalo ada barang sitaan parfum bisa kita ambil!
Saya : Iya, tapi paradigma lo buat jadi keamanan tuh salah banget
Virgi : Apaan sih lo paradigma-paradigma! Bahasanya Anna tuh ya, mending lo jangan disini deh!
Fida : Emang tuh ya Anna kalo ngomong bahasanya gua juga kaga ngerti. Kemaren dia ngechat gue pake kata-kata "obstacle" sama apa gitu
Virgi : Tuh kan. Udah lo mending pergi, tempat lo bukan disini!

Saya cuma bisa facepalm sambil terus ketawa.

Singkat kata, di hari yang sama, saya dan teman-teman selesai ikut evaluasi mingguan kegiatan awal mahasiswa baru sekitar pukul 19.00 dan semuanya memutuskan untuk makan malem bareng. Ayahnya Virgi yang udah standby di parkiran fakultas berbaik hati mau mengangkut rombongan ke tempat makan. Di jalan menuju tempat parkir, tepatnya di depan gedung A, Virgi tiba-tiba bercerita seperti ini.

Virgi : Eh tau nggak, gue disorientasi!
Saya : (ini ngakak dulu) Disorientasi apaannnn
Virgi : Tadi pagi disini! Gue disorientasi! Jadi kan gue bla bla bla (saya lupa doi cerita apa, pokoknya semacam linglung gitu deh) Terus gue jatuh gini (memperagakan bagaimana doi jatuh tadi pagi di tempat tersebut) ADUH! (ini sfx-nya)
Saya : HAHAHANJIR lo tadi bilang kalo bahasa gue aneh, sendirinya apaan disorientasi-disorientasi
Virgi : Lo nggak tau disorientasi?!
Saya : Nggak
Virgi : IH
Rifka : Gue juga nggak ngerti. Gue malah baru denger

Semenjak hari itu, bagi saya pribadi, kata-kata "alat shalat" dan "disorientasi" itu pokoknya "Virgi" banget.


Belum cukup sampai disana, Virgi juga hobi memperagakan berbagai gerakan serta tarian absurd serta berpose aneh ketika difoto. Saya berserta temen-temen doyan foto-foto di iPodnya Acha. iPodnya Acha itu penuh sama aib kami semua deh. Pokoknya bahaya banget kalo sampe jatuh ke tangan yang salah. Nah, foto-foto aib yang memenuhi iPod Acha tersebut didominasi oleh foto aib Virgi. Salah satunya adalah yang ini.



Udah nggak bisa ketawa lagi ngeliat foto ini. Udah kelewat sering.

Ceritanya Virgi sama Acha lagi ngerjain tugas di perpustakaan buat membunuh waktu, terus karena ngantuk, Virgi tidur, TAPI YA NGGAK KAYA GITU JUGA SIH JI. Saya sendiri lagi ada kelas ketika insiden terjadi. Begitu bubar kelas, saya langsung pergi ke kantin dan ketemu sama temen-temen yang lain. Acha lalu menyodorkan iPodnya dan menunjukkan foto laknat tersebut ke saya, Rifka, dan Izzi yang baru bergabung. Kami bertiga spontan ketawa keras banget sampe nangis. Moodboster keparahan.

Sumpah ya, saya nggak ngerti lagi itu anak maunya apa. Kok bisa-bisanya tidur dalam posisi kaya begitu. Kalo bahasa Fida sih "suka-suka dia aja lah".

Setelah baca post ini dan ngeliat foto aibnya dipost sama saya, begitu ketemu saya di kampus nanti, dia pasti langsung bilang "****** lo Na".


Salah satu faktor yang membuat saya bilang kalo kehidupan perkuliahan saya semakin membaik dari hari ke hari adalah karena kemaren saya baru aja ikut kepanitiaan yang asyik banget. Tersebutlah sebuah kompetisi seni dan olahraga tahunan yang diselenggarakan sama fakultas tempat saya menuntut ilmu, yaitu fakultas psikologi. Pesertanya berasal dari fakultas psikologi se-Indonesia dan beberapa SMA se-Jabodetabek, diselenggarakan pada 28 September hingga 6 Oktober kemaren di GOR Bulungan. Bikin capek, iya banget. Tapi karena bisa kenal sama banyak temen baru dan dapet banyak pengalaman, jatohnya jadi seru aja.

Yang paling kerasa asyiknya adalah di hari penutupan. Saya bener-bener kerja se-kerja-kerjanya seharian itu (biasanya gabut :p). Bintang tamunya juga kece. HiVi manggung di puncak acara dan itu beneran asyik banget. Saya sama temen-temen lompat-lompat, nyanyi teriak-teriak, udah nggak peduli lagi sama penampilan yang udah kaya gembel. Apalagi di lagu terakhir, potongan kertas serta majalah yang selama sembilan hari digunting-gunting sama anak perlap jatuh dari atap GOR, dan semuanya mandi confetti.

Setelah HiVi diamankan ke ruang ganti, semua panitia berkumpul di lapangan basket buat yellguys. Yellguys inilah yang saya tunggu-tunggu. Yel-yel ini sakral banget di fakultas saya, nggak bisa sembarangan diserukan, and it means so much to us. Rasanya yellguys di Bulungan itu uwow abis. Semuanya membentuk lingkaran, saling pegangan tangan, dan nyanyiin hymne fakultas psikologi.

And that moment when we finally arrived at the last part of the song, semuanya berpencar, lari ke tengah lapangan. Saya inget persis di depan saya ada Fida, di kanan depan saya ada Virgi. Saya liat semua temen dan senior juga lari dengan semangatnya. Dan ngeliat semuanya lari di waktu itu--masih sembari melantunkan bait terakhir dari hymne--di tempat itu, di tengah-tengah lautan confetti yang menuhin lantai, was priceless.

Disitu saya sadar kalo sejak hari pertama saya tinggal di Depok, saya sama sekali nggak punya katarsis. Saya nggak main game, saya jarang denger lagu-lagu yang bisa didenger tiap hari, dan saya nggak pernah lagi mendadak pergi main bareng temen-temen buat sekedar ngobrol di angkringan atau semacamnya. Makanya pas kemaren jingkrak-jingkak nonton HiVi manggung dan yellguys itu bener-bener ngelepas penat. I finally said "I'm a happy girl" again after such a long time.

Suasana closing. This photo was my lucky shot

And look, it's almost 23.00 again.

Well played, Virgi. Well played.

Salam kungfu! Ciat!

No comments

© La Valse des Mots
Maira Gall