December 31, 2013

Yep, I Couldn't Ask For More

Bonsoir à tous!

Semester ganjil tahun pertama kuliah saya akhirnya berakhir juga. Sehari setelah UAS selesai, terlepas dari berbagai kendala dan event hura-hura fakultas yang menganjurkan saya untuk stay di Depok barang 24-48 jam lebih lama, saya memutuskan untuk pulang ke Bandung. Dan saya beneran langsung pulang empat jam kemudian.

Kalo dipikir-pikir itu agak buru-buru juga. Ngambil keputusannya buru-buru, pesen travelnya buru-buru, packing juga buru-buru, tapi toh alhamdulillah pulang juga dan sampe sekarang nggak ada kendala berarti. Kecuali kendala IPK yang belum kunjung keluar hingga hari ini. SIAKNG itu cuma bisa bikin kesel. Mau nge-stalk atau nggak nge-stalk SIAK, yang ada tetep stress. 


It feels so good to be home. It really does.
Kegiatan saya selama liburan adalah menikmati rumah dan saya bener-bener nggak mau kegiatan tersebut diganggu gugat. Pokoknya selama liburan ini, saya milik rumah dan milik Bandung. Saking nggak maunya ninggalin Bandung, diajak liburan ke luar kota pun saya tolak. Kalo nggak gara-gara acara keluarga dan agenda cari tempat kost buat semester depan, saya sih ogah banget harus balik ke Depok pas liburan ini. Ngebayangin Depok atau Jakarta sekarang jatohnya jadi eneg. Efek homesick kali ya?


Anyway, saya udah wara-wiri dan ketemuan sama temen-temen selama di Bandung ini. Entah kenapa belakangan ini saya lagi doyan belanja dan kedoyanan tersebut bikin keadaan finansial saya hancur lebur. Kalo udah beli-beli suka nggak mikir duit lagi. Sampe akhirnya Acil bilang "Kamu keluar uang segitu cuma buat satu baju? Segitu masih ada Cimol."

Saya cuma bisa ber-"hehehe" ria.

Walaupun saya banyak diem di rumah karena mager pergi-pergi, saya nggak pernah bosen atau kesepian karena temen-temen saya pada berbaik hati nyamperin ke rumah. Bener-bener nggak ngerti lagi. Padahal rumah semuanya itu dari ujung ke ujung, tapi tetep niat bermacet-macetan dan berpanas-panasan ke Kopo. Ibu saya aja sampe heran karena semenjak saya pulang dari Depok, laporan saya ke beliau nggak akan jauh-jauh dari "Besok temen-temen Anna mau main ke rumah".

"Kok kamu jadi kaya artis gitu sih, banyak tamunya. Segitu dicariinnya emang?"

Respon saya terhadap pertanyaan Ibu tersebut serupa dengan respon adik saya, Agung, ketika Adisti, Afi, Dienna, dan Ayas yang lagi main ke rumah bilang kalo dia ganteng. Semacam "Sorry weh" yang dikatakan sambil mengangkat bahu dengan enteng lalu berlalu sambil tersenyum penuh kemenangan. Yea, respon yang ngeselin banget.


Beberapa hari yang lalu, berbekal niat cari sepatu buatan lokal yang well-made dan DVD Meteor Garden, saya wara-wiri sendirian. Oh iya, saya lagi marathon Meteor Garden loh sekarang. Mendadak pengen nonton ulang Meteor Garden gitu. Please blame Song For Camp 2013 for that.

Karena kebetulan tempat-tempat yang mau saya datengin bisa dijangkau dengan berjalan kaki, saya jadi jalan kaki sendirian ngelewatin jalan-jalan yang biasa dilewatin sewaktu SMP sama SMA. Asyik banget rasanya, sambil ngebayangin dulu pernah ngelewatin jalan yang sama hampir tiap hari, masih pake seragam putih biru dan putih abu. Saya suka banget jalan di daerah sana karena jalanannya sepi dan adem. Kadang saya mampir di pinggir jalan makan es campur dan bakso cuankie gara-gara kelaperan sebelum les. Kadang emang iseng aja muter-muter sendirian buat membunuh waktu. Atau nungguin dijemput Ibu sampe malem di taman bacaan dengan bermodalkan beli jus satu gelas dan baca komik sebiji.


Ngomong-ngomong soal taman bacaan, semenjak SD, saya udah jadi anggota sebuah taman bacaan yang ada di Jalan Cihapit. Sebenernya yang jadi anggota itu Ibu saya, cuma beliau minjem bukunya buat saya. Saya kan dulu dicekokin Ibu macem-macem buku sama komik. Mulai dari Harry Potter, Lord of the Ring, Chicken Soup, semua dibabat habis. Ibu itu sekali minjem komik disana bisa sampe 20 buku dan masa pinjemnya cuma tiga hari, jadi bayangin aja betapa kutu bukunya saya sewaktu SD.

Saya inget banget waktu Ibu saya pulang kantor bawa Nodame Cantabille nomer 1-20. Dibanding Detective Conan yang waktu itu sempet juga dibawain sampe 10 buku, teks komik Nodame Cantabille itu jauh lebih banyak dibanding Conan. Terus saya kewalahan sendiri jadinya. Tapi karena waktu itu emang seneng baca jadi yaudah aja gitu.

Pas SMP, Ibu saya mikir kalo saya udah cukup dewasa untuk minjem buku di taman bacaan itu sendiri, jadi semenjak itu saya pake kartu anggota Ibu buat minjem buku di sana. Taman bacaannya nggak jauh dari sekolah dan deket banget dari tempat les, jadi saya selalu kesana jalan kaki. Di taman bacaannya juga ada kedai kopi. Saya suka nunggu dijemput Ibu sambil nongkrong-nongkrong sendirian di sana. Kebiasaan itu terus kebawa sampe SMA.

Pas jalan kaki kemaren, akhirnya saya mampir ke taman bacaan itu lagi setelah sekian lama. Petugas taman bacaannya yang udah tua ternyata masih inget saya. Beliau nanya saya kemana aja terus saya jawab ya saya kan kuliah hehehehe.. Gaya amat ya. Saya liat-liat koleksi bukunya yang masih tetep bejibun dan akhirnya pamit tanpa minjem apa-apa. Sayang banget nggak ada pemilik taman bacaannya. Saya biasa manggil beliau Oma, soalnya beliau udah uzur.

Oma itu baik banget. Dulu, tiap kali saya ke taman bacaan dan ketemu sama beliau, kata-kata sambutan beliau pasti "Eh, ada Nona Cantik.." atau "Nona Cantik mau pinjem apa?". Saya sama beliau juga suka ngobrol. Beliau suka tanya-tanya soal sekolah, mau kuliah dimana, lagi sibuk apa, dan semacamnya. Kemaren saya mampir ke sana berharap ketemu Oma, eh Oma-nya enggak ada. Kangen dipanggil 'nona cantik' sama Oma..


Oke, kembali ke cerita utama. Jadi saya jalan-jalan sendirian buat cari bman sepatu dan DVD Meteor Garden.

Awalnya sih. Ujung-ujungnya disamperin temen juga. Jadinya bareng deh.

Kalo ngomongin soal sendirian, pas saya akhirnya jalan bareng temen saya itu, saya jadi ngeh betapa hobinya saya kelayapan sendirian waktu masih sekolah dulu. Saya beneran hobi kemana-mana sendiri waktu SMP sama SMA dulu. Udah sendiri, jalan kaki pula. Niat abis, kan? Tapi terlepas dari kesan forever alone, jalan-jalan sendirian itu asyik kok. Dan jalan-jalan sendirian itu jadi kebutuhan kalo lagi sumpek.

Tapi jalan-jalan bareng temen juga bukan ide yang jelek.


Kedatangan penghujung tahun itu selalu nggak kerasa. Malem taun bagi saya nggak ada bedanya sama malem-malem yang lain. Mau dirayain kaya apa juga gitu-gitu aja. Sekarang aja saya lagi bikin postingan sambil tiduran di kasur. Biasa aja, kan? But it was raining in the morning and there was Top Gear Top 41 on TV, about five episodes non-stop from 10 am until late afternoon.

Today. On the very last day of the year.

Sama kaya para pendahulunya, 2013 itu nano-nano banget. Mulai dari Inten tiap pulang sekolah buat persiapan UN sama SBMPTN, main ke rumah Nana, ngurus buklet angkatan, mabal ke kabel sama kopsis pas pelajaran ekonomi, keterima undangan dan kuliah, janji bakal ngabarin Nisa pertama kali kalo dapet pacar, ketemu temen baru, nongkrong di Narji sama para bedebah, homesick, nonton Maliq & D'Essentials manggung, iPhone Bimo--yang kata Muti nggak berkah--ilang, bukannya dateng ke farewell Bagus malah belajar buat kuis SAP di Depok, Virgi disorientasi, bangkrut gara-gara makan Sushi Tei sama Izzi, dapet cerita kuis pertamanya Elkha ke-skip gara-gara dia ketiduran (which is tolol banget)..

One of my best friend said that life was about making decision and moving on. I finally made mine.

And I finally found someone whom I can share the details with from now on. Amin and Fida were right. As long as the stars have crossed each other's path, we only have to patiently, gracefully wait.

There were a lot of people capable of knocking some sense into me this year.

I couldn't ask for more.


Je vous souhaite une bonne année! Semoga di 2014 semuanya bisa jadi lebih baik :)

No comments

© La Valse des Mots
Maira Gall