October 24, 2015

Ketika Superego Berjalan Merasa Bosan


Oh mai gat. Akhirnya ada waktu buat nulis blog juga.

Kayanya ada cukup banyak banget hal yang pengen saya ceritain. Ya nggak jauh-jauh dari kehidupan saya belakangan ini sih. Ngomong-ngomong, keinginan saya buat nulis blog udah ada dari jaman saya pulang Psycamp. DARI JAMAN PULANG PSYCAMP LOH BAYANGIN. Which is dari awal September lalu. Dan sekarang udah akhir Oktober baru kesampean nulisnya. Mancay.

Oh iya. Buat temen-temen pembaca yang nggak ngeh, Psycamp itu adalah sebuah acara camping yang rutin diadain tiap tahun di kampus saya. Biasanya sih diadain di akhir semester ganjil, sekitaran bulan November. Tapi tahun ini Psycamp diadain di awal semester! Terakhir kali saya ikut Psycamp itu waktu masih mahasiswa baru. Saya nggak ikut Psycamp tahun lalu karena semester tiga kemaren sibuknya minta ampun mau mati rasanya. Nah, di semester lima ini, saya kembali ikut Psycamp deh.

Awalnya saya nggak berencana ikut Psycamp tahun ini karena satu dan lain hal. Saya pengen banget ikut, tapi entah kenapa super bingung ketika harus memutuskan jadinya ikut atau nggak. Pada akhirnya, dengan impulsivitas yang luar biasa...... saya memutuskan untuk ikut di H-10 jam keberangkatan. 

Packing H-3 jam keberangkatan.

Sebodo amat itu.

Terus apa yang bikin saya bahas Psycamp di post kali ini? Karena saya sama sekali nggak nyesel pas akhirnya memutuskan buat ikut. Psycamp-nya super menyenangkan! Saya nggak suka nyenior, tapi saya sangat menikmati jadi senior di sana. Psycamp kemarin adalah Psycamp saya yang paling yolo. Selain yolo dari segi pendaftaran dan per-packing-an, kegiatan saya dan temen-temen seangkatan yang lain selama di sana juga super yolo. Kami bebas mau ngapain aja dan nggak harus ngikutin rundown acara--sebuah privilege tak tertulis yang diperoleh sebagai mahasiswa tingkat tiga--jadi kerjaannya ya ngerusuh. Siangnya tidur di tenda, malemnya nyanyi-nyanyi di saung dan di deket api unggun. Ngikutin acaranya juga nggak sampe akhir karena pulangnya duluan nebeng Abby.

Selama Psycamp itu rasanya kayak nggak ada apa-apa. Kayak nggak ada beban hidup. Alhasil begitu pulang, baru deh kerasa sedihnya, harus balik lagi ke rutinitas sehari-hari. Padahal kegiatan di kampus waktu itu belum sibuk-sibuk amat.


Sekitar satu bulan yang lalu, saya sempet ngobrol-ngobrol sama salah satu dosen saya yang suka nongkrong di kantin. Jadi waktu itu ngobrolnya juga di kantin (penting ya). Beliau bilang, saya anaknya superego banget (ngomong-ngomong Acha juga jadi ngatain saya superego berjalan sekarang, sial).

Superego itu semacam komponen kepribadian yang ada dalam diri tiap individu. Kaitannya sama standar moral yang dimiliki individu tersebut, jadi kerjaan superego ini adalah ngurusin atau bikin aturan mengenai apa yang boleh dilakukan dan apa yang nggak boleh dilakukan seseorang. So, apa yang dosen saya maksud saat berkata "kamu tuh anaknya superego banget" adalah bahwa saya kebanyakan ngikutin aturan dan nggak memberikan kesempatan bagi diri sendiri untuk memenuhi dorongan atau  kebutuhan buat seneng-seneng. Contoh paling sederhana yang bisa mendeskripsikan ke-superego-an saya adalah: kalau saya pengen main tapi saya harus belajar, saya memilih belajar.

"Coba sekali-kali let your emotion out and loose a bit."

Di situ saya jadi mikir, ternyata saya orangnya emang kebanyakan mendem dan nahan diri, padahal segala sesuatu yang berlebihan kan emang nggak baik. Atas penuturan dan saran dosen saya tersebut, saya pun (sedang) berusaha untuk menyeimbangkan diri dengan lebih baik lagi (walaupun tetep aja saya dikatain supergo berjalan). Dari dulu saya selalu suka konsep keseimbangan, tapi ternyata menantang ya aplikasinya.


Ikut Psycamp adalah salah satu langkah konkret saya buat nggak jadi superego-superego amat. Dan wow, setelah semua drama pengkhianatan, asesmen dadakan, pake ada acara tiba-tiba salah satu matkul bikin nyesek sampe harus keluar kelas dulu di tengah sesi, akhirnya saya bisa santai juga.

Ngomong-ngomong soal drama pengkhianatan, belakangan ini banyak banget orang yang putus di kampus. Saya sama temen-temen bahkan sampe bikin liga mantan.


Semester ini juga entah kenapa bikin muak. Minggu-minggu awal masih super selo, isinya kuliah pengantar semua. Pulang-pulang nggak ada beban. Eh kesini-sininya.. keder sendiri.

Serius deh tapi. Baru kali ini yang namanya eneg tuh eneg. Mata kuliah semester ini itu perintilan, tapi kalo digabungin, SKS-nya actually banyak. Mana belakangan ini saya nggak bisa begadang. Biasanya saya kuat begadang sampe dini hari, eh sekarang jam 10 malem juga udah ngablu. Waktu itu sempet lagi butuh banget begadang, tapi udah minum kopi juga nggak ngefek sama sekali. Lagipula sekarang saya emang nggak bisa minum kopi sih. Bawaannya malah jadi sakit perut dan pusing-pusing. Padahal dulu saya termasuk konsumen kopi yang hardcore. Soal perkopian dan perbegadangan ini, saya sendiri sampe bingung, kok bisa segininya banget.

Dan ternyata saudara-saudara, masalahnya adalah.. BOSEN. Kebanyakan ngajedog di kost duduk manis depan meja belajar. Kegiatan non-akademis saya semester ini emang mengharuskan saya untuk banyak buka laptop atau baca buku di kamar, beda sama semester-semester sebelumnya yang banyak menuntut saya buat standby di kampus. Buktinya, begitu sekarang saya kembali lagi ke rutinitas yang dulu-dulu--harus pulang agak larut dari kampus karena ada latihan ini itu dan lainnya--kemampuan begadang saya balik lagi seperti baru.

Saya juga sering banget nggak mood belajar atau nugas belakangan ini. Pas nyobain meninggalkan kamar kost buat nugas di kafe sekitar kampus, eh ternyata ber-progress parah. Segala macem makalah dan presentasi selesai dalam satu malam. Padahal biasanya mandek. Sepertinya emang harus cari suasana baru ya.

Kemarin lusa pun saya se-bete itu di kamar. Banyak yang harus saya kerjain--mengingat selama dua minggu ini saya lagi UTS di kampus--tapi pas ngeliat segala macem buku dan handout rasanya.. ingin disobek-sobek aja. Ketika seharusnya saya udah bisa ngerampungin belajar berbagai materi buat ujian, hari Kamis saya berakhir tidak produktif dengan hanya bangun tidur, nonton Three Idiots (tapi ini buat kepentingan tugas deng, jadi nggak segitunya unproductive juga sih), makan, tidur siang, mandi, dan bengong di meja belajar sampe tengah malem.

Sumpah..

Keesokan harinya alias kemarin, mood belajar saya balik lagi pas pagi-pagi. Tapi saya takut sore atau malemnya bete lagi dan jadinya nggak belajar lagi dan kalo udah gitu nasib UTS saya gimana coba. Setelah latihan musik di kampus sore-sore, saya pun memilih buat nginep di kostnya Izzati. Kami berdua begadang sampe pagi (akhirnya saya nemu satu kopi yang cocok sama saya, yay!!), ngerjain dan belajar segala rupa. Beneran begadang sampe pagi. Nggak tidur sama sekali. Gokil.

Dannnn di sinilah saya sekarang. Sampe nggak bisa tidur siang bahkan. Karena bingung mau ngapain, jadi berakhir nulis blog deh hehehe. Mumpung mood juga. Penting nggak penting banget ya kayanya curcolan saya di post kali ini.


Pengen kaos Star Wars..............

Besok minta dibikinin desain ke Fi ah terus cetak sendiri.


ANYWAY, sebelum saya random dan BM yang aneh-aneh lagi, terlepas dari penting nggak penting, insight yang bisa didapatkan dari sepenggal curcolan ini adalah: seimbangkan dirimu dan jangan ragu buat cari suasana baru kalo emang ngerasa suntuk.

Selamat menyeimbangkan diri dan mencari suasana baru kalau begitu!

No comments

© La Valse des Mots
Maira Gall