August 24, 2015

Qu'est-ce que Tu Fais Pendant tes Vacances?


Aloha semuanya!! Sekarang saya lagi duduk di kasur sambil makan sundae polos yang dibeliin sama ayah. Saya masih nggak ngerti gimana ceritanya beliau bisa beli strawberry sundae tapi topping strawberry-nya malah nggak ada, tapi karena saya laper, saya makan aja.

Kadang saya suka mikir, buat apa juga ya nulis blog? Cerita tentang kehidupan sendiri? Kayak yang menarik aja buat orang lain. Tapi toh saya tetep nulis karena nulis itu seru. Saya juga sadar kalo deep inside, saya orangnya super cerewet. Saya suka banget nyeritain hal-hal kecil ke orang lain. Walaupun tentunya nggak sembarang cerita dan nggak sembarang orang, sih. Jadi ya.. sepertinya ini adalah salah satu cara saya buat memenuhi dorongan-dorongan itu, sekaligus menjaga supaya diri saya tetap waras. Syukur-syukur kalo sampe bisa bikin orang lain terhibur atau bahkan terinspirasi.

Saya memutuskan buat tobat setelah sadar bahwa tulisan blog saya agak suram selama beberapa bulan belakangan ini. Sekarang saya mau cerita tentang kegiatan (dan kegabutan) saya selama liburan aja.

Seminggu lagi saya masuk kuliah! Nggak kerasa banget. Setelah hampir tiga bulan nggak menjejakkan kaki di Depok, hari Sabtu kemaren saya dianter ayah balik ke sana buat nyimpen barang dan beres-beres kostan. Kondisi kamar saya begitu mengkhawatirkan. Kenop pintu aja sampe ada sarang laba-labanya. Terus ternyata plafon kamar saya ada yang bocor. Bapak kostannya aja nggak ngerti bocornya dari mana, lah gimana saya ya.

Saya menghabiskan hampir dua jam buat beres-beres dan bersihin kamar. Selain Acha yang emang satu kostan sama saya, kebetulan kemaren ada Izzati sama Ninet juga di sana. Sementara mereka bertiga duduk dan tidur-tiduran di kasur, saya sibuk ngepel lantai kayak Oshin.

Kalo ngomongin soal kegiatan liburan, secara mengejutkan semuanya terbilang memuaskan dan produktif kali ini. Lumayan beda jauh dibanding libur tiga bulan yang tahun lalu--walaupun tetep aja ada waktu-waktu dimana saya super gabut. Hidup segan mati nggak mau. Ngerasa bosen tapi nggak tau harus ngapain (dan kalo tahu juga kelewat mager ngapa-ngapain).

Jadi ngapain aja sih saya sebenernya.


Pertama! Tiga hari setelah UAS semester lalu resmi selesai, saya pergi liburan ke Thailand bareng keluarga. Luar biasa subhanallah walhamdulillah sekali memang. Wanderlust saya emang lagi kebangetan. Semenjak akhir tahun kemaren, saya ngerasa hidup saya kok disini-sini aja. Semacam my life in a nutshell gitu. Saya pengen dan butuh pergi jauh, ngeliat dunia luar. Temen saya ngajak bakcpacking ke Ijen, saya malah pengen bolang sendiri ke Singapura. Diajak ke Lombok atau Flores juga nggak mau, pengennya malah ke Cina. Bulan lalu, nggak ada angin nggak ada hujan, mendadak saya pengen banget pergi ke Angkor Wat di Kamboja. Saya juga nggak ngerti. Makanya, pas ibu saya nawarin mau ke Thailand apa nggak, saya sih langsung ngeiyain aja. Bawa aku keluar dari kota dan negara ini, Bunda.

Empat hari di Thailand kebanyakan diisi dengan belanja dan makan (baca: jajan). Jajanan favorit saya adalah mango with sticky rice alias nasi ketan pake mangga. Muah banget deh itu. Dari semua hal yang saya temui di Thailand, mango with sticky rice adalah hal yang paling berkesan dan bikin gereget. Mango with sticky rice lah yang pertama kali muncul di otak saya kalo ditanya "kumaha Thailand teh kumaha".

Maaf ya, saya emang suka mahiwal.

Nggak deng. Yang nyangkut di kepala bukan cuma nasi ketan pake mangga, kok. Banyak banget pelajaran dan pengalaman baru yang saya dapet dari pergi ke Thailand. Going back there someday would be lovely.


Kedua! Saya sempet les bahasa selama dua minggu. Lesnya dari Senin sampai Jumat, jam 10.00 pagi sampai 15.30 sore dengan dua kali break yang totalnya satu setengah jam. Kebanyakan temen saya komentar "mau ngapain lagi sih maneh" atau "mabok anjir bari jeung puasa", tapi mungkin karena pada dasarnya saya emang suka belajar bahasa, rasanya seru banget! Sedih juga begitu dua minggu itu selesai dan harus pisah sama temen-temen (yang sekelas cuma empat orang termasuk saya) beserta guru-gurunya.


Ketiga! Kegiatan saya lainnya adalah streaming film sampe mampus. Saya nggak pernah streaming sebelumnya. Selama ini, saya selalu merogoh kocek buat beli DVD atau download torrent berjam-jam kalo mau nonton film (atau ngerampok stok film di laptop orang). Semuanya berubah ketika Fida mengenalkan saya pada situs-situs streaming. Segalanya pun menjadi begitu mudah dan irit.

Saya beneran nggak inget udah nonton film apa aja. Mulai dari yang baru sampe yang jadul, romance sampe action, rasa barat sampe rasa oriental, kayaknya semua saya tonton. Dari semua film, ada tiga yang paling berkesan dan recommended. Dua diantaranya film Jepang; Kanojo wa Uso o Aishisugiteru (The Liar and His Lover) dan Kiyoku Yawaku (Beyond Memories). Satu lagi sih Pride and Prejudice. Telat banget ya saya baru nonton.

Anyway, semuanya bergenre romance. I'm a girl after all.

Saya juga nonton Ruroni Kenshin live action, deng! Nggak streaming, sih. Hasil ngerampok stoknya Daniel sama Gio di kampus. Saya langsung jatuh cinta sama Takeru Sato yang jadi Kenshin di filmnya. Itu orang cakep banget, deh. Gemas. Aktingnya juga jago. Saya bisa sampe nonton The Liar and His Lover juga gara-gara browsing Takeru Sato main film apa aja. Niat, ya?

Ternyata semesta mendukung fase fangirling saya. Kebetulan di rumah saya ada TV kabel dan ada satu channel Jepang gitu, dan channel itu nayangin drama-dramanya Takeru Sato! Kalo nggak salah ada deh empat-lima drama. Mantap nian. Saya jadi bisa liat mukanya yang cakep tiap hari di TV.


Keempat! Yang ini juga sampe mampus banget. Baca mangascan. Ini lebih nggak ngeh lagi udah baca manga apa aja--nggak yang one-shot, nggak yang berpuluh-puluh seri. Semuanya shoujo dan romance manga. Kalo bukan shoujo, paling saya baca Shinrei Tantei Yakumo aja. Ceritanya tentang detektif ganteng yang bisa ngeliat hantu, tapi itu pun ada sentuhan romance-nya dikit. Saya biasa baca mangascan siang-siang atau malem sebelum tidur lewat handphone. Kalo bablas malah bisa sampe subuh.

Dannnn shoujo manga favorit saya adalah Last Game-nya Amano Shinobu!! Ceritanya tentang cowok laksana topan badai (dia cakep, pinter, plus tajir mampus) yang suka sama cewek study-oriented (cuek, nggak peka, dan kerjaannya belajar melulu). We're talking about ten years of unrequited love here. Konyol. Ngaco bikin geregetnya. Shoujo manga paling oke bagi saya sejauh ini. Karena berbagai hal, Kimi ni Todoke sama Ao Haru Ride yang bisa dibilang satu level aja kalah.

Sebenernya udah dari lama banget sih saya baca Last Game. Sampe sekarang ngikutin terus dan selalu nunggu-nunggu chapter barunya. Kemaren saya sempet pergi ke toko buku dan baru ngeh kalo ternyata komiknya udah diterbitin juga. Well.. kayaknya kalo kamu pecinta shoujo manga, Last Game udah bukan lagi judul yang asing, ya.


Kelima! Main game! Biar dikatain kayak anak kecil sama ayah dan ibu juga saya tetep cuek aja main PS. It seems like we will never get too old to play video games. Final Fantasy XIII yang entah dari jaman kapan saya mulai mainnya akhirnya tamat. Saya udah main setengah jalan, tapi kelewat males leveling dan somehow saya ngerasa game-nya ngebosenin, jadi sempet nggak saya lanjutin. Tapi toh akhirnya tamat juga. Puas rasanya. Selama beberapa minggu, saya pun dibuat nggak bisa berhenti nyanyiin Serah's Theme yang "make my wish come true, let darkness slip aside" itu.

Selesai main FFXIII, saya langsung lanjut main FFXIII-2, dan tamat juga. Gameplay-nya secara keseluruhan terbilang menyenangkan (walaupun ada beberapa fitur FFXIII yang lebih saya suka). Exploring jelas lebih oke. My cousin said that the plot was dumb, and he's right. Tapi uniknya menarik. Menurut saya lebih menarik daripada FFXIII malah. At least saya selalu dibuat penasaran dan ngikutin ceritanya--sesuatu yang nggak saya rasakan selama main FFXIII, yang bikin saya jadi bosen sendiri.

Final battle-nya ngelawan tiga Bahamut. Dua diantaranya bisa revive berkali-kali. Mungkin karena udah lama nggak main game dan ketemu final boss, lupa gimana rasanya dibuat terintimidasi. saya langsung ngakak begitu liat geng Bahamut itu pertama kali. But well, I guess final battle is about getting enough experience and using the right strategy, et presto.

Habis itu saya langsung main FFXIII Lightning Returns. Tapi belum tamat, kok. Saya nggak se-hardcore itu. Sejauh ini juga baru main dua-tiga jam. Plot terasa semakin konyol dan dipaksakan, tapi gameplay-nya boleh juga. Besok pagi saya mau lanjut main lagi.


Keenam! Lari pagi. Cie banget nggak sih. Dipikir-pikir saya nggak pernah (dan nggak bisa, dan nggak jago) olahraga. Paling banter lari aja. Jadi ya udah, saya lari deh. Pencapaian luar biasa banget bagi seorang Anna yang roll depan aja sampe sekarang nggak bisa.

Kegiatan ini didukung oleh running shoes baru yang akhirnya jatuh dalam dekapan. Semenjak akhir bulan lalu, saya rutin lari pagi empat hari sekali. Jam setengah enam udah lari keliling kompleks. Sayangnya cuma bertahan sekitar dua-tiga minggu. Habis itu sampe sekarang, saya kelewat mager bangun pagi. Mungkin gara-gara kebanyakan begadang juga. Jam biologis saya emang ngaco selama liburan.


Ketujuh! Tentunya menjadi random, kumpul bareng temen-temen, dan jalan-jalan sama keluarga. Pernah saya lagi mojok di daerah Hegarmanah, terus mendadak banget pengen liat Gedung Isola di kampus UPI. Beruntung temen saya Puspa yang kuliah di sana lagi ada di kampus, jadi langsung saya recokin, dan doi pun berbaik hati jadi tour guide buat saya. Pernah juga tiba-tiba saya pengen ke Grafika Cikole sama Pine Forest Camp di daerah Lembang, sampe bela-belain dianterin ayah. Cuma liat-liat 15 menit terus pulang lagi. Berasa Kopo-Lembang hanya lima langkah dari rumah banget ya.

Kalo kumpul sama temen dan keluarga sih ya seperti biasa. Every circle has its own fair share. Saya juga ngerjain hal lain selama liburan ini yang bikin saya harus banyak diem di rumah atau cari kafe tenang bernuansa oke yang bisa dipake mojok berjam-jam. Habis itu pulang naik gojek kalo lagi nggak bisa nebeng ibu bubaran kantor atau gagal ngelobi temen buat nganter balik. Saya nggak tau sih tukang gojeknya kajeun paeh (baca: mending mati) aja atau nggak pas nerima orderan ke Kopo, tapi saya selalu selamat sampai tujuan kok. Kewl.


Hmmmmmmmmmm apa lagi ya.. 

Kadang saya suka nggak bisa tidur. Semua juga tau, kalo nggak bisa tidur bawaannya jadi review hidup aing udah ngapain aja. There is a point when I realize that people can be really judgemental sometimes, including myself. Saya berusaha untuk meminimalisir masuk ke mode itu untuk kedepannya.

Kadang saya juga mikir, mana sih yang sebenernya bener dan mana yang sebenernya yang salah. Relativitas tanpa batas. Kayaknya saya pernah nulis soal itu di post sebelumnya, entah kapan dan entah yang judulnya apa.

Oh iya. Saya juga jadi inget waktu lebaran kemaren. Kalo ditanya apa yang spesial dari Idul Fitri 1436 H, yang paling menjawab dan paling merangkum semuanya mungkin cuma satu kata: awareness. Kesadaran. Simply kesadaran kalo saya udah dewasa.

The most annoying, frustating part of being an adult, in my opinion, is that you have to fucking behave yourself. Kamu nggak bisa lagi seenaknya manyun kalo ngambek atau merajuk kalo keinginannya nggak dipenuhi. You are required to display socially accepted emotions in socially accepted situations only.

Selama ini saya suka bingung, kenapa banyak meme di 9GAG yang bilang kalo beranjak dewasa itu jebakan. Sekarang saya ngerti. Jadi anak kecil itu emang enak: keegoisan kamu bakal hampir selalu ditolerir sama orang-orang. Jangan harap privilege itu bakal kamu peroleh ketika orang-orang udah mulai bantuin cari link perusahaan buat kamu magang kuliah taun depan.

But well.. I guess we just have to accept and live our ever-changing life-roles. Saya sadar kalau saya harus berpikir, berperilaku, dan bertindak sesuai usia, dalam porsi dan koridor yang sesuai. Sekarang saya jadi mikir dua kali kalo mau ngapa-ngapain gara-gara inget udah umur segini. As if someone constantly reminds me that I'm 20 and that I have to act like one. Gimana caranya supaya nggak kekanak-kanakan, tapi juga nggak sok dewasa. Nanggung.


Kalem mau cerita apa lagi ya. Kayaknya udah deh. Bawel juga ya saya di postingan kali ini.

Karena udah nggak tau mau ngomong apa lagi, saya bakal tutup posting ini dengan payah, seperti biasa. Skill saya buat mengakhiri tulisan kayaknya nggak pernah meningkat ya dari dulu..

Tadi saya mulai nulis jam 22.30 dan sekarang udah jam 2.37. Es krim saya udah habis dari kapan taun. Sekarang saya keleyengan pengen cepet-cepet tidur.

Doakan tahun ketiga kuliah saya lancar dan menyenangkan!

No comments

© La Valse des Mots
Maira Gall