April 7, 2013

What a Funny World We Live In

Beberapa hari yang lalu, saya menemukan timeline twitter saya dihiasi sama fenomena yang lucu. Dua orang temen saya lagi mention-mentionan. Yang satu cowok, yang satu cewek. Terus ada dua orang temen lagi, yang ini dua-duanya cewek, ngepost twit dengan gaya berbeda yang jelas banget mengindikasikan kalo masing-masingnya cemburu liat dua orang pertama yang saya ceritakan tadi mention-mentionan.

Dunia ini lucu banget. Dua orang yang saling bertukar mention tanpa merasa dosa sekali pun bisa tanpa sadar bikin dua orang lainnya langsung galau maksimal. Udah galau, ditunjukin lagi. Biar dikata kode juga tetep aja kebaca. Saya senyum-senyum aja ngeliatinnya.

Dunia ini lucu banget. Many people out there live in poverty. Makan aja susah buat mereka. Tapi dengan segala keterbatasanya, para pelajar yang berasal dari keluarga-keluarga kurang beruntung malah bisa meraih prestasi yang lebih tinggi dibanding pelajar-pelajar yang berasal dari keluarga berada.

Saya sering mikirin ini dan saya sendiri suka malu. Dengan segala fasilitas dan kemudahan yang saya dapet dari orang tua saya, saya masih kalah sama mereka. Malah leyeh-leyeh, kebanyakan ngeliat ke atas, suka lupa diri. Padahal segala nikmat sama rezeki yang saya rasain itu bisa aja dicabut sama Allah dan hilang dalam hitungan detik. Kalo udah kaya gitu, saya bisa apa?

Manusia emang lucu. Saya juga lucu. But I don't wanna be funny in this way any longer, so yeah I'm working on it.

Saya inget waktu SMP kelas IX dulu, saya lagi getol-getolnya banget main game. Senior saya yang sama-sama gamer ngasih motivasi gini : "Anggep aja semua ini kaya main game. Alat tulis kamu itu weaponnya. Ngerjain soal-soal latihan ujian nasional itu leveling, kaya random encounter. Try out itu bos-bos kecil. Final boss-nya ujian nasional. Endingnya bisa happy atau bad, tergantung hasil leveling kamu selama ini, pas final battle level kamu setinggi apa." Uwow, berbekal wejangan tersebut, rajinlah saya belajar.

Sekarang.. boro-boro. SMP beda banget sama SMA. Rasanya suntuk banget. Udah eneg belajar kali ya? Lucu banget segini muda udah eneg belajar.

Padahal kalo dipikir-pikir, SMA ini yang ada bukan cuma final boss, tapi sampe secret boss juga. SBMPTN lah, seleksi mandiri lah.. Tuh kan sampe lebih dari satu pula secret boss-nya.


Ada satu quote yang saya suka dari film The Perks of Being a Wallflower. Film yang ada Logan Lerman sama Emma Watson-nya itu loh. Katanya gini.


Why do I, and everyone I love, pick someone who treat us like we're nothing?

Ini juga lucu. Saya juga nggak habis pikir sama fenomena ini. Kenapa bisa sampe kaya gitu ya? Misalnya A suka sama B, tapi B sukanya sama C, dan C sukanya sama D, terus D malah sukanya sama E, terus ya terus aja sampe mampus.

Saya pernah punya pikiran, gimana kalo salah satu dari mereka ngalah aja? Biar everyone can live in peace and harmony gitu. Misalnya B, karena tau C suka sama D, akhirnya berpaling ke A yang jelas-jelas ada buat dia. Atau C yang ngerelain D dan ngebales perasaan B mungkin. Yah.. semacam itu lah.

Tapi ternyata nggak bisa sesimpel itu cara mutusin mata rantainya. Masalah perasaan emang bikin pusing. "The hardest thing to govern is heart" nya Queen Elizabeth emang bener.

Masalah harkos juga sama. Sebenernya harkos itu asalnya dari mana? Kenapa bisa sampe harkos? Siapa yang salah? Apa emang pihak yang ngasih harapannya cuma main-main? Atau pihak yang satu laginya aja yang ngerasa ke-gr-an dan bego, mau aja diharkosin? Oh ya ampun, nyari jalan keluar buat masalah-masalah ginian aja ternyata bisa lebih rumit dibanding memangkas tingginya angka buta huruf dan pengangguran di kalangan masyarakat.


Dunia ini diisi sama begitu banyak hal-hal yang lucu. Even playing Dissidia hurts now. Urusan ngasih kado ke temen jadi sesuatu yang butuh dipikir ulang berkali-kali, sampe harus cari-cari modus segala. Ke kamar mandi umum aja harus check-in sekarang. Banyak orang bilang mereka laper, tapi begitu pesanan dateng pas makan di restoran malah difoto-foto dulu terus dimasukin ke Instagram, belum lagi mikirin harus dipakein hashtag apa aja. Soundtrack Shin-chan makin nggak jelas apa maknanya.

Dunia ini lucu banget. But well.. since it's funny, there's no need to feel miserable all the time. Kita ketawain aja dunianya sambil terus membangun diri biar jadi pribadi yang lebih baik :)

Doakan saya lulus UN dan SNMPTN tahun ini!

No comments

© La Valse des Mots
Maira Gall