May 9, 2013

Giving

Bibi : Neng, tadi itu di depan rame loh
Saya : Rame apaan bi?
Bibi : Ada teroris
Saya : ...Hah?

Itu adalah percakapan paling absurd sekaligus paling kocak yang pernah saya alami begitu bangun tidur. Belum semenit dua menit sadar, nyawa juga masih berceceran, nggak taunya dikabarin kalo di depan rumah ada teroris. What?

Setelah diselidik, ternyata yang dimaksud "di depan" itu bukan bener-bener di depan rumah, tapi di depan komplek. Lagi ada penggerebekan rumah teroris gitu deh. Orang-orang pada rame nonton di TKP, sampe masuk TV pula. Terus pesawat segala rupa juga sibuk mondar-mandir selama sejam lebih. Plus dihiasi dengan baku tembak segala. Saya kan tidur, jadi kaga mudeng sama sekali.

Tapi postingan kali ini nggak akan ngomongin teroris kok. Kemaren saya ketemuan sama temen-temen saya, terus ngobrol-ngobrol kaya biasa. Salah satu temen saya kemudian cerita soal temen saya lainnya yang hari itu berhalangan hadir. Temen saya yang berhalangan hadir itu beberapa bulan yang lalu ulang tahun dan dapet banyak banget kado.

"Wah iya? Banyak pisan? Dapet apa aja?"

"Asli eta mah banyak pisan. Dapet jersey gitu, dapet CD, dapet buku.."

Saya mikir, beruntung banget dia dapet hadiah sebanyak itu. Masalahnya kan orang seumuran dia sebenernya nggak usah dapet banyak barang juga. Makin tua sih nggak usah kebanyakan dapet hadiah barang, banyak-banyak dapet hadiah doa aja. Materi udah nggak begitu penting. Saya yakin dia juga pasti mikir demikian.

"Terus si eta bilang 'Sebenernya apa sih yang orang-orang harepin dari aing?'"


Begitu denger lanjutan ceritanya itu, entah kenapa saya jadi terenyuh sendiri. Saya emang kurang lebih ngerti posisi temen saya yang ulang tahun itu dan tau kenapa dia bisa sampe kebanjiran kado. I mean, dia emang beruntung banget bisa dapet banyak hadiah, tapi ya.. kado-kadonya bermotif.

Saya nggak tahu hal itu bisa dibanggakan atau nggak.

Apa sih yang orang-orang harapkan dari memberi ke orang lain? Saya pribadi selalu mengharapkan yang namanya vice versa. Bukan dari orang yang saya beri aja, tapi dari semua orang yang ada di dunia. Memberi versi saya juga nggak cuma yang berbentuk materi aja. Seandainya saya nggak ngerasain vice versa itu, saya harap pemberian saya jadi semacam rantai kebaikan aja buat yang lain.

Terus apa jadinya kalo orang-orang memberi hanya karena ingin orang yang mereka beri itu melakukan sesuatu buat mereka sendiri? Setelah saya denger cerita temen saya itu, saya menyimpulkan kalo ternyata hal itu nggak enak banget. Hal tersebut jadi pelajaran yang berharga banget buat saya.


And in the end, just look. So effortlessly done again.

No comments

© La Valse des Mots
Maira Gall