April 20, 2014

The Real Gezelligheid

Halo semuanya! Udah lumayan lama juga ya semenjak post terakhir. Walaupun nggak banyak, sebenernya saya punya waktu luang buat nulis blog, tapi kebutuhan saya untuk memulihkan energi yang terbuang (baca : tidur seharian) rupanya lebih mendesak. Plus saya mager. Jadi begitulah. Semoga semuanya dalam keadaan baik dan nggak bosen baca curjingan saya di laman ini ya :)

Btw beberapa bulan yang lalu saya baru tau kalo ternyata blog saya punya pembaca HAHAHA. Ya pasti ada aja sih orang yang baca blog saya. Tapi ternyata pembaca ini termasuk pembaca rutin. Kalo kata koran sih “pembaca setia” gitu deh. Seneng banget rasanya pas tau kalo ada orang-orang yang menikmati dan selalu nunggu-nunggu tulisan saya.

Eniwei, long weekend kemaren ini saya habiskan dengan pulang ke rumah. Bermodalkan tekad “nggak boleh ada satu pun tugas atau urusan kampus yang ganggu selama di Bandung”, semua tugas buat minggu depan pun saya selesein sebelum berangkat pulang. Sayangnya, sekarang udah nggak ada lagi bibi yang biasa bantu-bantu di rumah sehingga otomatis saya nggak bisa 100% leha-leha. Apalagi Ibu juga lagi ke luar kota. Mau nggak mau ya saya gantiin Ibu jadi Oshin.

Saya nggak pergi kemana-mana di hari pertama. Selain gara-gara Ayah lagi sakit gigi (ayah saya kalo udah sakit gigi emang jadi segala rungsing jadi ya gitu deh),  ada partner mager saya , Zaki, yang seharian nemenin diskusi cantik di rumah (dan nemenin beli makan siang buat Ayah yang ngidam nasi padang hehehe). Di sore keesokan harinya, barulah saya caw keluar buat ketemu para bedebah. Dan disinilah ceritanya dimulai.

Gezelligheid(n.) the coziness, warmth, and comfort of being at home, or being together with friends or loved ones sharing time in a pleasant and nice atmosphere 

Semua bermula dari salah satu temen deket saya, Shafira alias Sapi, yang berniat menebus rasa bersalahnya (karena dari dulu selalu gabisa terus kalo diajakin ngumpul) dengan ngajak saya ketemuan. Setelah proses lobi yang sangat panjang dan kompleks dan berpotensi harkos akhirnya kami berdua setuju buat janjian di sebuah kafe daerah Dago jam 3 sore. Muti Bimo Elkha juga akhirnya bergabung (walaupun Bimo baru dateng jam setengah tujuh dan Elkha baru dateng jam delapan dengan alibi hujan dan belum mandi…syamps). Banyak yang kami berlima obrolin selama kurang lebih enam jam ketemuan. Ngegosip, ngomongin kuliah, rencana masa depan, nemu kosakata baru, dan masih banyak lagi.

Kalo soal gosip, saya nggak bisa kasih tau disini soalnya gosipnya classified dan menyangkut hajat hidup serta harga diri orang banyak.

Kalo soal kuliah, pembicaraannya nggak jauh-jauh dari pengalaman kampret pas ujian, tugas-tugas yang nggak jelas, atau dosen-dosen rese. Muti yang paling terakhir masuk ruang ujian tapi paling pertama beres ngerjain soal disamperin sama dosen pengawas ujiannya nggak lama setelah dia keluar ruangan, lalu harus mendengar pertanyaan pahit “Muthya, kamu mau di-her nggak?” dari sang dosen. Sapi dengan mata kuliah Matek-nya yang harus ngulang gara-gara dosennya mukul rata ngasih nilai C ke satu kelas. Bimo yang satu semester kemaren dapet tugas ngerangkum harus berjuang terlebih dahulu buat nerjemahin buku teks bahasa Inggris-nya yang luar biasa tebal, dan nggak taunya dosennya bilang di akhir semester “Oh jadi kalian tuh selama ini ngerangkum dari buku yang bahasa Inggris? Kenapa nggak pake buku versi bahasa Indonesia-nya aja?”. Elkha kemaren malah mendadak ngasih kuliah umum tentang pengelolaan septic tank ke kami berempat, entah kesambet apa.

Kalo soal masa depan, ini lebih ngaco lagi. Elkha bilang kalo pait-paitnya kuliah dia sampe nggak bener, dia punya tiga opsi alternatif : (1) jadi anak band, (2) dagang DVD, (3) jualan bubur. Opsi ketiga muncul setelah percakapan berikut.

Saya : Sap ayo balik
Sapi : Iya ayo sekarang
Elkha : Apaan anjir jam segini udah balik. Ngalem laaaa. Aing laper pengen makan dulu. Aing pengen makan bubur asia afrika
Sapi : Anjir bubur itu lah mahal pisan! Satu mangkoknya 17 ribu mana ga kenyang
Saya : Bubur yang sebelahan sama nasgor depan PR kan? Ih itu enak tau
Sapi : Iya sih enak tapi mahal pisan na
Elkha : Menurut maneh eta batinya berapa?
Sapi : 15 ribu
Semua : HAHAHA ANJIR JADI MODALNYA 2 RIBU DOANG SATU MANGKOK
Sapi : HAHAHA GA MUNGKIN YA (terus mulai bergumam sendiri nyebutin bahan-bahan bikin bubur ayam sambil mengira-ngira harganya berapa)
Elkha : NAH! (nepuk pundak Bimo) KALO BATINYA 15K AING JUALAN BUBUR AJA

Kalo nemu kosakata baru, semua berawal dari Bimo yang dateng-dateng bawa istilah "bangsat Bandung". Istilah ini akhirnya diaplikasikan terus sepanjang sesi ngobrol berlangsung. Lagi-lagi, puncaknya ada di omongannya Elkha. Somehow saya nyebut kata "geng" pas lagi ngobrol dan percakapan ini pun terjadi.

Elkha : Siapa bilang kita geng? Kita bukan geng
Sapi : Iya, kita tuh kelompok  belajar!
Elkha : Lain anjir. Kita tuh komunitas
Muti : Komunitas apa
Bimo : ...Komunitas bangsat Bandung

HAHAHA. Salahin Bimo kalo kata-katanya kasar! Dia yang bawa istilahnya!

Oke, cukup dengan segala kebodohannya. Bukan hal itu yang mau saya angkat jadi topik utama posting ini.


Sejak awal taun ini, sebenernya ada banyak hal yang bikin saya insecure dan ngerasa nggak nyaman. Sebagian kecilnya mungkin udah pernah saya ceritain di postingan-postingan sebelumnya. Dari segala ketidaknyamanan yang saya rasakan itu, salah satu yang paling kentara adalah kesan baru—dari orang-orang yang bisa dibilang baru kenal saya juga—mengenai diri saya.

Semenjak dulu, ada satu tipe orang yang paling saya benci. Saya sangat nggak suka sama tipe orang tersebut. Saya nggak pernah mau jadi orang macem begitu dan sebisa mungkin selalu berusaha untuk nggak jadi tipe orang yang demikian. Sampe akhirnya ada orang yang bilang ke saya, “Kamu kok jadi tipe orang yang kaya gitu, sih”.

Coba bayangin aja. Kalo kalian sangat nggak suka sama orang pelit, nggak pernah mau jadi orang pelit dan sebisa mungkin selalu berusaha untuk nggak jadi orang yang pelit, lalu ada yang bilang ke kalian “Kamu kok jadi pelit, sih”, rasanya gimana?

Mungkin gara-gara apa yang saya kerjain selama ini memunculkan imej yang mirip sama tipe orang yang saya benci itu sampe dikatain demikian. Tapi ya.. Saya nggak kaya gitu. Saya tau saya nggak kaya gitu. Sedih aja jadinya.

Awalnya saya mikir, mungkin tanpa saya sadari, saya emang berubah jadi orang yang demikian menyebalkannya. Toh pandangan orang lain kan harusnya jadi masukan buat kita untuk introspeksi. Tapi kemudian salah satu temen yang udah lumayan lama kenal saya bilang “Kamu nggak kaya gitu kok Na. Apaan sih,” lalu mengutarakan alasan dan pandangannya sendiri. Ibaratnya, kalo orang yang pertama bilang “Kok kamu jadi pelit, sih!”, temen saya ini bilang “Kamu tuh nggak pelit, Na. Sekarang kamu cuma lagi nabung aja, makannya keliatannya jadi pelit”.

Dan begitu saya nyeritain semua ini ke Muti sama Sapi, keduanya yang udah kenal saya hampir enam taun cuma ketawa dan dengan entengnya bilang “Nggak Na, kamu nggak kaya gitu kok. Kita tau banget, dari dulu kamu nggak pernah kaya gitu. Tenang aja”.

Dan saya bisa segitu luar biasa leganya.

Selain itu, saya ngerasa hidup saya belakangan ini tuh “gitu-gitu aja”. Saya tau kok, ada banyak hal yang patut saya syukuri. Pas ketemuan dan ngobrol-ngobrol sama para bedebah kemaren juga saya jadi lebih sadar kalo ada banyak banget hal-hal luar biasa yang saya punya sekarang, dan itu bikin saya jadi tambah bersyukur sama kehidupan saya. Tapi ya.. Saya nggak bisa mengelak kalo ada sesuatu yang miss di hidup saya. Rasanya kurang puas aja.

Sampe akhirnya Zaki bikin saya sadar kalo saya yang sekarang rupanya nggak sebebas dulu buat ngerjain hal-hal yang saya suka. Kalo semua wejangan Zaki dirangkum, kesimpulannya adalah “Tempat kamu bukan disini. Kamu tuh ngerjain apa yang kamu harus, bukan apa yang kamu mau”. Dan dia bener.


Jadi dari semua cerita ini, saya mau nyampein apa?

Intinya cuma satu : betapa berharganya sahabat-sahabat saya bagi saya. Di saat saya sibuk mempertanyakan siapa saya yang sekarang dan nggak nyaman dengan berbagai kemungkinan jawaban yang ada, saya sangat bersyukur sahabat-sahabat saya tersebut masih ada dan bilang “Tenang aja, kamu masih kamu yang dulu. Jikalau kamu emang berubah, kamu nggak usah khawatir, karena kamu berubah jadi pribadi yang lebih baik. Dan jikalau kamu mengambil langkah yang salah, kita ada di sini untuk menyadarkan kamu dan bantu kamu balik lagi ke jalur yang benar”.

Dan walaupun nggak sepenuhnya salah, terserah orang lain mau berpendapat apa, tapi saya tau siapa yang saya pilih. Dari dulu kejadiannya selalu kaya gitu.

Bukan ngumpul sama para bedebah namanya kalo saya nggak dapet apa-apa begitu pulang ke rumah. Dari definisi gezelligheid yang udah saya cantumkan di awal tulisan ini, ngumpul bareng mereka selalu jadi gezelligheid yang bener-bener gezelligheid buat saya.

You guys will always be my home.

No comments

© La Valse des Mots
Maira Gall