July 5, 2014

Here Comes the Kalap Session

Bonsoir, mes amis! Tahun pertama kuliah saya akhirnya selesai loh! Libur juga telah tiba. Simpanlah tas dan bukumu lupakan keluh kesahmu banget deh pokoknya. Seneng banget rasanya bisa balik ke comfort zone, menikmati indahnya menghabiskan waktu di rumah. Ditambah lagi, saya kembali gaming! Saya baru saja dengan suksesnya ngedownload torrent Final Fantasy VIII dan akhirnya bisa mainin game yang satu itu di PSP.

This is actually quite a long story. Saya pengen banget mainin FFVIII dari jaman saya masih SMP. Waktu itu PS1 saya masih sehat walafiat. Anggara, salah satu temen saya, berbaik hati mau nyariin CD FFVIII buat saya dan gilanya dia nemu. Masalahnya game yang satu itu udah langka banget. Udah hilang dari peredaran. Ditambah lagi, pedagang game PS1 waktu itu juga udah di ambang tinggal kenangan.

Singkat kata, Anggara memberikan CD FFVIII tersebut kepada saya secara cuma-cuma. Sialnya, baru nyalain disc satu aja gamenya nggak jalan (total semuanya ada empat disc). Salah satu temen foruming saya yang mengetahui kesulitan ini pun turun tangan dengan memberikan disc satu FFVIII-nya yang udah nggak terpakai lagi. Disc satu dari temen foruming saya juga ternyata nggak jalan.

Kemungkinannya cuma dua. Kalo nggak CD-nya yang rusak, optik PS-nya yang rusak.

Kalo masalah utak atik CD PS, saya termasuk tipe yang hardcore. Berbagai metode udah saya terapkan. Mulai dari ngebersihin CD pake kain kacamata, pake baju, pake minyak kayu putih, pake sabun cuci tangan, pake sabun cuci piring, pake sabun mandi, sampe metode “masukin ke freezer” juga saya jabanin. Metode “masukin freezer” adalah metode yang diaplikasikan pada kondisi-kondisi terburuk. Buat kasus disc satu FFVIII ini, nggak ada satu pun dari metode-metode tersebut yang berhasil.

Optik PS-nya ternyata nggak bermasalah.

Selama kurang lebih dua tahun, akhirnya saya membiarkan disc FFVIII yang macet tersebut berdiam diri di dalam freezer. Ini beneran. Saya udah hopeless. Plus saya juga bego, entah kenapa nggak mau kenal sama yang namanya torrent. Baru deh sekarang nyesel kenapa nggak downloadnya dari dulu.


Dari dulu saya suka banget sama Squall Leonhart. Bisa dibilang Squall itu karakter dari seri FF favorit saya. Aneh emang, saya suka sama karakter dari game yang bahkan belum pernah saya mainin. Tapi toh sekarang saya udah main FFVIII so I guess it’s okay.

Squall itu keren. Terus dia pake gunblade.

Yes I know, the reasons are irrational in so many levels but I just love him.

Sejauh ini saya udah main sampe disc tiga. Ceritanya juga ternyata menarik banget. Selama ini saya nggak pernah tau FFVIII itu ceritanya tentang apa. Klise lah, paling intinya juga menyelamatkan dunia. Saya bahkan nggak tau kalo ternyata Edea itu beda sama Ultimecia. Terus ternyata Squall juga se-so-sweet itu, dari yang tadinya "Then talk to the wall" bisa jadi "I want Rinoa to call out my name.. She was so full of life".

Aww.

Setelah mainin gamenya sampe sejauh ini, saya makin suka sama Squall dan nggak menyesal telah menobatkan dia sebagai kararakter game favorit saya. Abang Squall, aku cinta. Sungguh.


Kabar baik lainnya adalah.. Izin ayah saya buat beli PS3 akhirnya turun!! My brother and I are so excited that we could eat the phone (nggak nyambung). Alasan ayah untuk nggak mempercantik rumah dengan next-gen console tipe apa pun selama ini adalah (1) karena si sulung yang merupakan anak perempuan sudah duduk di bangku kuliah sehingga beliau pikir masa-masa gaming-nya telah usai dan (2) probabilitas si bungsu yang merupakan anak laki-laki bau kencur untuk menerlantarkan kehidupan akademisnya demi main game rupanya terlalu tinggi. Namun, berkat skill persuasi saya dan adik saya yang diluar dugaan telah meningkat pesat beberapa tahun ke belakang, ayah akhirnya luluh juga. PS3 pun officially berkutat di rumah. Hidup saya sekarang nggak jauh-jauh dari bangun tidur main PS, bukannya mandi, gosok gigi, atau bantu ibu beresin tempat tidur.

Saya lagi fokus main FFXIII sekarang (saya udah luar biasa ngebet pengen mainin game yang satu itu semenjak versi NA-nya rilis! Begitu akhirnya main jadi terharu deh). Sejauh ini rame-rame aja, walaupun kadang ada bosennya. Kekecewaan terbesar yang harus saya hadapi adalah ngeliat Shiva harus jadi kembar dua dan bisa berubah jadi motor, tapi seenggaknya FFXIII nggak sesampah FFXII, walaupun somehow FFVIII jauh lebih menantang dibanding keduanya. Kemaren saya baru ngelawan Odin, harus ngulang battle-nya beberapa kali dan guling-guling di lantai karena gemes sendiri.

Yang menyebalkan adalah batasan waktu main yang dikasih sama ayah dan ibu. We have 24 hours and the fact that I'm only able to play six hours a day is frustating. Kangen main 12 jam sehari! Terlepas dari doyan diomelin ayah, dulu saya suka main PS sampe subuh dan sekali main PS emang bisa setengah hari sendiri, jadi agak sedih juga begitu sekarang dibatasin waktu mainnya. Kayanya ayah sama ibu saya lagi menekankan pentingnya punya siklus biologis yang baik.

Dengan bangkitnya PSP dan munculnya PS3, saya yakin bahwa saya mampu menghabiskan liburan kali ini dengan sebaik-baiknya. Saya nggak bisa ngebayangin apa jadinya semester depan begitu liburan selesai dan saya harus balik lagi ke Depok. Pengennya sih ngegondol PS3 sama TV di rumah ke kostan, tapi saya bakal bolos kuliah terus kalo kaya gitu kasusnya. Saya malah sempet kepikiran buat cuti akademik biar bisa main PS terus di rumah, tapi kayanya nggak mungkin juga soalnya berlebihan.

Udah lama banget saya nggak sekalap ini. Senang sekali!

Oh well.. Hi there! I'm back in business! :)

No comments

© La Valse des Mots
Maira Gall