March 8, 2015

Amazonian Wild Lily

Halo semuanya! Akhirnya kesampean juga nih keinginan saya buat update blog. Udah dari lama banget pengen nulis, tapi apa daya empat minggu pertama dari kehidupan akademis dan non akademis saya di semester ini begitu menyita waktu. Sekarang pun harusnya saya melakukan sesuatu yang lain, tapi ya.. kalo nggak meluangkan waktu sekarang, entah kapan lagi bisa nulisnya. Jadi sekali-kali ngikutin id juga nggak apa. Capek ngikutin superego terus.

Setelah kurang lebih satu bulan menghabiskan masa liburan, akhirnya saya kembali ke dunia perkuliahan. Liburan semester ganjil kemaren saya habiskan dengan makan, tidur, baca buku, keluar rumah buat main sama temen-temen, melakukan kegiatan random macam merajut (ini beneran), nonton DVD, dan nungguin tukang Roti Kabayan lewat di depan rumah.

Rasanya luar biasa sepi di tiga hari pertama sekembalinya saya ke kota perantauan. Mungkin karena saya masih terbiasa sama suasana rumah yang hidup, begitu balik lagi ke kamar kost, rasanya malah jadi sedih sendiri. Tapi perasaan-perasaan itu langsung menguap begitu perkuliahan dimulai, soalnya saya kembali hidup di kampus yang penuh hingar bingar.

Tiga minggu pertama kuliah kemaren, walaupun menguras tenaga, menyenangkan banget buat saya. Saya memutuskan untuk ambil bagian dalam sebuah proyek pagelaran sendratari (yang sebenernya lebih cocok disebut drama musikal sih) yang diadain sama anak-anak di kampus. Bisa tampil main musik tradisional di Taman Mini merupakan pengalaman yang luar biasa spesial. Selama latihan intensifnya juga belajar luar biasa banyak. Seru parah.


Saya suka banget sama alat musik tradisional. Kenapa? Bagi saya, alat musik tradisional relatif lebih mudah dimainin dibanding gitar atau piano atau biola atau instrumen lainnya yang selalu pengen saya mainin tapi nggak bisa (ini emang sedih btw). Selain itu, alat musik tradisional biasanya dimainin rame-rame. Dan ketika satu instrumen nggak dimainin, sekali pun yang cara maininnya terbilang gabut (kayak kecrekan yang cuma kecrek-kecrek doang misalnya), bakal kerasa banget ilangnya.

Kebersamaan itu penting. Peran sekecil apa pun penting. Dengan main alat musik tradisional rame-rame, saya ngerasa kehadiran saya begitu dihargai. 


Setelah pagelaran selesai, jadwal saya pun melunak. Masih dengan sisa-sisa euforia pagelaran, hari Rabu minggu lalu, saya ulang tahun ke-20. Perubahan usia dari yang tadinya belasan jadi kepala dua ternyata cukup memberatkan hati saya. Saya nggak bisa berhenti mikir "aing hidup udah ngapain aja".

Kalo ditanya apa rasanya memasuki usia 20-an.. Biasa aja. Selama nggak diingetin atau disuruh ngenalin diri dengan nyebutin umur.

Saya dapet banyak banget ucapan dan doa dari temen-temen dan keluarga. Dapet surprise juga dari Bol Bersaudara (yang nama grupnya sekarang lagi ganti jadi Arab Hiphop, bodo amat terserah Virgi). Surprise-nya sendiri  fail dengan sangat epic, tapi niat baik dan ketulusannya tetep tersampaikan. Temen-temen kuliah saya emang begitu, biar tai sebenernya berhati rinto.

Laluuuu kelas saya satu-satunya di hari Kamis ditiadakan! Senang riang hari yang kunantikan banget! Karena jadwal kuliah saya hari Jumat emang kosong, Rabu malam pun saya langsung pulang ke Bandung naik bis. Naik bis ternyata super seru. Bagian paling serunya adalah ketika kamu hanya tinggal keluar dari gang kostan lalu menanti di pinggir jalan lalu menghentikan bisnya cukup dengan gestur selayaknya kalo kamu mau naik angkot.

Begitu sampe di rumah, rupanya ayah dan ibu saya udah nyiapin kue ulang tahun. Subhanallah ya memang. Terima kasih banyak sekali lagi buat semua pihak-pihak yang udah berkonspirasi membuat saya senang di hari ulang tahun kemaren! Dengan demikian, saya pun resmi memasuki tahap perkembangan early adulthood-nya Erik Erikson.


Sebenernya agenda pulang kemaren terbilang sangat impulsif. Saya nggak ada rencana untuk pulang minggu itu, ditambah lagi adanya kegiatan di kampus hari Sabtu yang bikin pulangnya jadi nanggung, tapi saya homesick, jadi yaudah pulang aja. Selama di rumah saya tidur dan tidur dan tidur. Bibi yang sempat menghilang dari peredaran pun rupanya telah kembali kerja di rumah. Segala sesuatu secara otomatis menjadi begitu mudah.

Saya juga sempet main bareng Bimo dan Elkha. Bosen sih ketemunya mereka lagi mereka lagi, tapi saya lagi pengen banget diskusi sama duo kampret yang satu itu dan mereka menyanggupi, jadinya caw deh. Saya pun ngobrol banyak sama mereka Jumat malam kemaren sambil minum teh (tapi kalo Bimo sih minum susu, nggak penting ya ini) dan makan roti bakar. Bimo ternyata mulai baca Supernova juga, jadi ngobrol-ngobrolnya dilengkapi pula dengan sesi bedah buku.

They said I should be fine.

Saya pikir, kejadian-kejadian serta berbagai pilihan yang saya ambil dalam hidup akan selalu mendorong saya untuk mau nggak mau beradaptasi, bertransformasi, dan apa pun istilah lainnya yang sejenis. Dan yang paling penting adalah bagaimana saya mengambil pelajaran dari sana, kemudian menggunakannya untuk mengembangkan diri ke arah yang positif.

Patah hati memang salah satu cambuk produktif paling efektif. 


And so the indian night jasmine who was a madagascan vanilla flower is now an amazonian wild lily.

No comments

© La Valse des Mots
Maira Gall